109 Pimpinan PTS Se-Aceh Rakor di Jakarta | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

109 Pimpinan PTS Se-Aceh Rakor di Jakarta

Foto 109 Pimpinan PTS Se-Aceh Rakor di Jakarta

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

aceh.Uri.co.id, BANDA ACEH – Para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) se-Aceh yang terdiri atas 109 orang mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan pihak Kopertis XIII Wilayah Aceh dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) selama tiga hari (22-24 Maret 2016) di Hotel Millennium Jakarta.

Rakor tersebut dibuka resmi sekaligus dibahani oleh Mesristekdikti, Prof Dr Mohammad Nasir, Selasa malam.

Dalam makalahnya berjudul Pengembangan Riset dan Inovasi Perguruan Tinggi untuk Mendukung Daya Saing Bangsa, Menristekdikti menyatakan, PTS yang ada di Aceh harus menghidupkan tata kelola perguruan tinggi yang bermutu dan berdaya saing tinggi.

Apabila PTA kurang memiliki daya saing, maka akan jauh lebih tertinggal dari perguruan tinggi yang lainnya.

“Oleh karena itu, masalah daya saing bangsa ini harus lebih kita tingkatkan,” imbuhnya.

Daya saing bangsa, menurut Menristekdikti, terbagi dua. Pertama, adanya tenaga kerja yang terampil. Kedua, adanya inovasi.

“Nah, kedua-dua ini harus diformulasikan dengan baik. Tenaga kerja yang terampil, termasuk dosen-dosen yang berkualitas, serta kelembagaan PTS itu sendiri harus memiliki kerja sama dan kekompakan di dalamnya. Inilah modal untuk mendongkrak kapasitas sumber daya di PTS,” ujar Menristekdikti.

Sebelumnya, Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin MEd melaporkan bahwa rakor tahunan yang diikuti 109 pimpinan PTS se- Aceh itu merupakan kali ketiga dilaksanakan sejak tahun 2014.

Dengan adanya rakor, kata Prof Jamaluddin, pihak Kopertis bisa tahu apa saja keluhan PTS, baik yang bersifat internal maupun eksternal.

“Dengan komunikasi yang bagus nantinya akan terbangun kerja sama yang baik antar-PTS yang ada di Aceh,” ujarnya.

Kepada aceh.Uri.co.id melalui telepon tadi siang, Prof Jamaluddin menyebutkan bahwa rakor tersebut menghadirkan sejumlah narasumber. Selain Menristekdikti adalah Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof Dr Intan Ahmad, Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti, Dr Ir Patdono Suwignjo MEng,Sc, serta Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof Dr Intan Ahmad. (*) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id