UIN Ar-Raniry Wisuda 1.178 Lulusan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

UIN Ar-Raniry Wisuda 1.178 Lulusan

UIN Ar-Raniry Wisuda 1.178 Lulusan
Foto UIN Ar-Raniry Wisuda 1.178 Lulusan

BANA ACEH – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, meluluskan 1.178 mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan di kampus itu. Para lulusan tersebut diwisuda dalam rapat senat terbuka wisuda doktor, magister, sarjana, dan ahli madya semester genap tahun akademik 2016/2017 di auditorium Ali Hasymi, Banda Aceh, Selasa (22/8).

Ke-1.178 mahasiswa yang diwisuda kemarin terdiri atas 12 orang pada program doktor (S3), 84 orang magister (S2), 981 sarjana (S1), dan 101 ahli madya (D3). Demikian antara lain disampaikan Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Prof Dr Syamsul Rijal MAg dalam laporannya di hadapan rektor dan seluruh wisudawan.

Mantan dekan Fakultas Ushuluddin ini juga menyebutkan, hingga saat ini UIN Ar-Raniry telah menghasilkan 78 doktor (S3), 1.368 magister (S2), 27.256 sarjana (S1), 650 ahli madya bidang perbankan syariah, 822 ahli madya ilmu perpustakaan, dan 2.377 prodi GPAI dan PGMI.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, dalam sambutannya mengingatkan para wisudawan agar memberikan kontribusi di masyarakat. “Kami bangga kalau alumnus UIN menjadi penggerak perubahan di masyarakat. Alumni jangan pasif, harus memberikan kontribusi untuk masyarakat, agama dan negara,” ujarnya.

Dalam orasinya, rektor juga meminta maaf kepada para orang tua dan masyarakat Aceh kalau ada mahasiswa atau alumnus UIN Ar-Raniry yang tidak banyak berubah selama belajar di UIN. Hal itu, menurut Farid adalah disebabkan karena selama di UIN mereka lebih sering nongkrong di kafe-kafe ketimbang di kampus.

“Mereka yang tidak berubah ini umumnya hanya 30 persen di kampus UIN, 70 persen kehidupannya dihabiskan di kafe. Kami harapkan bantuan bimbingan para orang tua untuk terus mengontrol anak-anaknya yang kuliah di UIN,” pinta rektor.

Begitupun, kata Prof Farid, pihak UIN Ar-Raniry juga terus berupaya sekuat tenaga untuk mendidik mahasiswa agar menjadi generasi yang berguna dan selamat di dunia dan akhirat. “Di UIN ada ma’had yang merupakan pesantrennya UIN Ar-Raniry, di ma’had kami didik mereka pengetahuan Alquran, tajwid, tahsin dan sebagainya. Selain itu kami bina mereka agar cakap dalam berbahasa,” kata Prof Farid.

Prof Farid juga mengungkapkan, UIN Ar-Raniry telah menjadi kampus kebanggaan dan kepercayaan masyarakat Aceh dan negara-negara tetangga dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftar masuk ke UIN dari dalam dan luar negeri.(dan) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id