Politikus PA Batal Gugat Gubernur | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Politikus PA Batal Gugat Gubernur

Politikus PA Batal Gugat Gubernur
Foto Politikus PA Batal Gugat Gubernur

* Dicabut Saat Sidang Ketiga
* Terkait Persoalan PAW dari Anggota DPRA

BANDA ACEH – Anggota DPRA dari Fraksi Partai Aceh (PA), Adam Mukhlis, secara mengejutkan mencabut gugatannya terhadap Gubernur Aceh, DPR Aceh, dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Padahal sidang ketiga, Selasa (22/8), beragenda pembacaan gugatan.

Awalnya Adam Mukhlis memperkarakan ketiga tergugat ke Pengadilan Negeri Banda Aceh, Selasa 11 Juli 2017, karena telah memproses pergantian antarwaktu (PAW) dirinya dengan Adly Tjalok Bin Ibrahim yang diajukan Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh. Anehnya Adam Mukhlis tidak menggugat Partai Aceh selaku pengusul.

Pencabutan tersebut disampaikan oleh majelis hakim yang diketuai, Elliyurita dibantu hakim anggota, Juandra, Nurmiati dan Panitera Pengganti (PP) Yusnita dalam sidang lanjutan, kemarin. Tapi pada sidang itu, penggugatyang dikuasakan pada Darwis SH tidak hadir sidang. “Penggugat mencabut gugatannya. Dengan demikian kita ucap terus penetapannya,” kata Elliyurita.

“Menetepkan, mengabulkan gugatan perkara nomor 38/Pdt.G/2017/PN Bna. Memerintahkan perkara tersebut dicoret dari register. Membeban penggugat membayar biaya perkara Rp 6.64 ribu,” baca hakim ketua.

Dalam sidang kemarin, tidak dijelaskan penyebab dicabutnya gugatan. Berdasarkan amatan Serambi, sejak gugatan didaftarkan hingga persidangan ketiga, para tergugat selalu tidak lengkap saat persidangan karena tidak hadir, kecuali kuasa hukum tergugat I (Gubernur Aceh), Isfanuddin SH yang selalu hadir.

Sementara Kuasa Hukum Gubernur Aceh, Isfanuddin SH, kepada Serambi menyatakan tidak mempersoalkan Adam Mukhlis yang mencabut gugatannya terhadap Gubernur Aceh, DPRA, dan KIP Aceh. “Gugatan belum dibaca, itu sah-sah saja. Kami tidak keberatan,” katanya singkat seusai sidang.(mas) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id