Tersangka Pembunuhan Bersenpi ke Jaksa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tersangka Pembunuhan Bersenpi ke Jaksa

Tersangka Pembunuhan Bersenpi ke Jaksa
Foto Tersangka Pembunuhan Bersenpi ke Jaksa

MEULABOH – Polada Aceh menyerahkan Ansari alias Junaidi, tersangka pembunuhan dan kepemilikan senjata api ke Kejaksaan Negeri Aceh Barat di Meulaboh kemarin. Proses penyerahan tersangka dipimpin Kompol Anwar dari Polda Aceh didampingi sejumlah anggota kepolisian.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Aceh Barat Wahyuddin kepada Serambi kemarin mengatakan penyerahan tersangka Ansari ke Kejari setempat setelah seluruh berkas penyidikannya dinyatakan lengkap (P-21) oleh Kejaksaan Tinggi Aceh. Sebelumnya kasus ini disidik di Polda Aceh. Tersangka dijerat Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata Api. Tak hanya itu, ia juga dibidik dengan Pasal 340 KUHAPIdana dengan ancaman kurungan penjara seumur hidup.

Wahyuddin juga menjelaskan, selain Ansari, polisi juga menyerahkan sejumlah barang bukti lainnya seperti satu pucuk senjata api lipat jenis AK-56 dengan nomor seri 52185, satu buah magazen, 45 butir amunisi peluru kaliber 7.62 mm, dua butir amunisi kaliber 9.3 mm, dua butir amunisi kaliber 7.1 mm, serta satu lembar SIM milik Ansari atas nama Junaidi.

Meski telah dimintai keterangan terhadap kejahatan yang diduga telah ia lakukan tersebut, namun Ansari tetap tidak mengakui telah melakukan pembunuhan terhadap Muhammad, seorang petani di Panton Reue, Aceh Barat yang ditemukan tewas bersimbah darah beberapa tahun lalu. Namun Ansari hanya mengakui kepemilikan senjata api seperti yang sudah disita polisi guna dijadikan barang bukti.

Berdasarkan keterangan semua saksi dan rekan tersangka Ansari yang telah lebih dulu di vonis di Pengadilan Negeri Meulaboh beberapa waktu lalu, semua keterangan menyebutkan bahwa ia merupakan pelaku utama dalam tindak kejahatan tersebut.

“Keterangan teman lain mengarah ke Ansari (pelaku pembunuhan),” kata Wahyuddin. Seperti diberitakan sebelumnya, tim gabungan dari Polda Aceh dan Polres Aceh Barat, Senin (22/5) dini hari sekira pukul 03.00 WIB meringkus Ansari (45) di Desa Ujong Raja Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat. Selain membekuk pelaku, tim gabungan juga menyita senjata api (senpi) jenis AK-57 dan amunisi sebanyak 51 butir di rumah tersangka.(edi) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id