Napi Penguras ATM Dilimpahkan ke PN | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Napi Penguras ATM Dilimpahkan ke PN

Napi Penguras ATM Dilimpahkan ke PN
Foto Napi Penguras ATM Dilimpahkan ke PN

LHOKSUKON – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Aceh Utara pada Senin (21/8) sore melimpahkan ke Pengadilan Negeri Lhoksukon tiga narapidana (napi) yang terlibat dalam kasus pengurasan Rp 45 juta uang milik Ratna Juwita, PNS asal Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Putusan terhadap mereka dalam kasus yang sama pada April 2017, masing-masing setahun penjara oleh Pengadilan Negeri Langsa sudah berkekuatan hukum tetap. Ketiganya adalah, Hendrik Hutasoit (37) asal Medan Amplas, Sumatera Utara, lalu Riki Handoko (34) Kota Padang, Sumatera Barat dan Riski Hasudungan (38) warga Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Aksi kejahatan mereka terekam CCTV yang berada di tempat ATM tersebut.

Untuk diketahui, pada 11 Oktober 2016, Ratna mendatangi Polsek Tanah Jambo Aye untuk melaporkan kasus Rp 45 juta dikuras oleh pria tak dikenal, setelah ATM-nya ditukar oleh pria yang berpura-pura menawarkan jasa ketika menarik uang di ATM Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Desa Ceumpeudak Kecamatan Tanah Jambo Aye Aceh Utara. Ia mengetahui uang tersebut sudah dicairkan pria penukar ATM itu dengan cara ditarik via ATM dan transfer ke rekening lain setelah mengeprint buku tabungannya.

“Berkas tersebut kita terima dari Penyidik Polsek Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, pada 3 Agustus lalu. Lalu, jaksa peneliti berkas langsung mempersiapkan materi dakwaan untuk dapat melimpahkan ketiganya ke Pengadilan Negeri Lhoksukon,” ujar Kajari Aceh Utara Edi Winarto melalui Kasi Pidana Umum Fahmi Jalil kepada Serambi, Selasa (22/8).

Untuk proses selanjutnya, JPU menunggu penetapan jadwal oleh majelis hakim PN Lhoksukon. “Bersama tersangka juga dilimpahkan barang bukti dan berkas ke PN. Sekarang penahanan terhadap ketiga terdakwa tersebut berada di tangan hakim,” ujar Fahmi. Kini ketiganya masih berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Lhoksukon, Aceh Utara.(jaf) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id