Abdya-DJPB Kerja Sama Kembangkan UMKM | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Abdya-DJPB Kerja Sama Kembangkan UMKM

Abdya-DJPB Kerja Sama Kembangkan UMKM
Foto Abdya-DJPB Kerja Sama Kembangkan UMKM

BANDA ACEH – Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) menandatangani MoU kerja sama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Aceh dalam bidang pelaksanaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), Selasa (22/8) di Kantor DJPB Aceh, Kompleks Gedung Keuangan Banda Aceh.

Kepala Kanwil DJPB Aceh Zaid Burhan Ibrahim MM kepada Serambi mengatakan kerja sama itu untuk meningkatkan program kredit yang tepat sasaran kepada pelaku usaha mikro, kecil,dan menengah (UMKM). Dengan adanya Sistem Informasi Kredit Program, maka semua UMKM yang ada di Abdya nanti akan terdata dengan baik, agar diketahui usaha yang sudah maupun belum mendapatkan kredit, sehingga akan memudahkan pihak penyalur memberikan kredit.

Saat ini terdapat dua macam kredit untuk UMKM yang digalakkan pemerintah, yaitu kredit ultra mikro (UMI) dan kredit usaha rakyat (KUR). KUR merupakan kredit yang disalurkan oleh pihak bank dengan sebagian bunga disubsidi oleh pemerintah, namun untuk KUR pengusaha harus memberi jaminan. Sedangkan UMI merupakan kredit yang disalurkan oleh lembaga bukan bank, misalnya koperasi, pelaku usaha bisa mendapatkan pinjaman maksimal Rp 10 juta tanpa jaminan dan bunga rendah.

“Ke depan kita harap tidak ada lagi pelaku usaha yang mendapatkan dua kredit, kalau sudah mendapat pinjaman KUR maka tidak boleh lagi dapat pinjaman UMI, demikian juga sebaliknya. Makanya dengan kerja sama ini akan kita ketahui pelaku usaha yang sudah mendapatkan kredit,” ujar Zaid.

Zaid mengatakan, pihaknya ingin memastikan jika dana pinjaman yang disalurkan pemerintah melalui dua program itu akan diterima secara tepat sasaran dan merata oleh pelaku UMKM. Hal itu bertujuan untuk mendongkrak perekomian masyarakat.

Sementara Bupati Abdya Akmal Ibrahim mengatakan, penyaluran kredit usaha kecil itu sangat penting, karena juga menyangkut dengan usaha milik warga miskin, serta sebagai upaya membantu perekonomian rakyat. Ke depan, lanjutnya, dibutuhkan semangat dan kinerja yang ekstra dalam menyukseskan kredit UMKM ini, sebab selama ini banyak kredit ini yang terkendala penyelesaiannya.(mun) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id