Koordinator KAB: Demokrat Ka Icok Silop | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Koordinator KAB: Demokrat Ka Icok Silop

  • Reporter:
  • Selasa, Agustus 22, 2017
Koordinator KAB: Demokrat Ka Icok Silop
Foto Koordinator KAB: Demokrat Ka Icok Silop

URI.co.id, BANDA ACEH – Malam ini rapat koordinasi anggota Koalisi Aceh Bermatabat (KAB) akan digelar di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa (22/8/2017).

Koordinator KAB, Wien Rimba Raya menyatakan pertemuan itu akan dihadiri semua anggota KAB, kecuali Demokrat.

“Demokrat ka icok silop dan nyatakan lawan (walau sudah minta maaf) tapi hanya di media,” katanya kepada URI.co.id.

Wien Rimba Raya menyatakan pertemuan itu lebih kepada penguatan di parlemen. Menurutnya, pertemuan itu sudah diagendakan jauh-jauh hari.

“Setelah ini akan ada rapat khusus pimpinan partai untuk mengambil kebijakan strategis untuk Aceh bersama KAB,” katanya.

Baca: Sejumlah Pimpinan Partai Koalisi Aceh Bermartabat Hadiri Pertemuan Tertutup di Hermes

Untuk diketahui, sebanyak delapan, dari 13 partai politik peraih kursi di DPRA membentuk KAB pada Minggu (16/11/2014). Koalisi ini terbagi dalam dua kelompok, Koalisi Utama dan Koalisi Pendukung.

Partai yang tergabung dalam Koalisi Utama adalah Partai Aceh (29 kursi), Partai Demokrat (8 kursi), Partai Amanat Nasional (7 kursi), dan Partai Gerindra (3 kursi).

Sedangkan partai yang tergabung dalam Koalisi Pendukung adalah Partai Golkar (9 kursi), PKS (4 kursi), PPP (6 kursi), dan Partai Nasdem (8 kursi).

Baca: 8 Parpol Bentuk Koalisi Aceh Bermartabat

Dengan demikian, Koalisi Aceh Bermartabat menguasai 74 kursi, dari 81 kursi yang ada di DPRA. Namun, saat ini Partai Demokrat sudah didepak dari koalisi.

Ini erat kaitannya dengan pernyataan Wakil Gubernur Aceh sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Aceh, Nova Iriansyah yang menyatakan ingin lawan partai penguasa.

Catatan Serambi, saat dideklarasikan pada Minggu tanggal 16 November 2014, hanya lima parpol yang berada di luar Koalisi Aceh Bermartabat ini, yaitu Partai Nasional Aceh (3 kursi), serta empat partai lain yang masing-masing meraih 1 kursi, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Damai Aceh (PDA), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id