Pendiri Kerajaan Trumon Pernah Menjadi Raja Singkil, Begini Ceritanya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pendiri Kerajaan Trumon Pernah Menjadi Raja Singkil, Begini Ceritanya

Pendiri Kerajaan Trumon Pernah Menjadi Raja Singkil, Begini Ceritanya
Foto Pendiri Kerajaan Trumon Pernah Menjadi Raja Singkil, Begini Ceritanya

URI.co.id, SINGKIL – Raja pertama Trumon, Teuku H Jafar, sebelum mendirikan kerajaan Trumon sekitar abad ke-18 pernah menjadi Raja Singkil.

Hal itu disampaikan Teuku Raja Aceh, keturunan ke-10 raja Trumon pada URI.co.id, Selasa (22/8/2017) sore di rumah kerabatnya di Tanah Bara, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil.

Baca: Teuku Raja Aceh: Bendera Kerajaan Trumon Ada Dua Jenis

Ceritanya saat tiba di kerajaan Singkil, dalam menyebarkan ajaran Islam. Teuku H Jafar memperistri putri kerajaan Singkil. Setelah menikah lalu dinobatkan ayah mertuanya sebagai raja.

“Istri raja Trumon pertama anak dari raja Singkil, makanya saya kalau ditanya, orang Singkil juga, karena keturunan Singkil,” ujar Teuku Raja Aceh.

Teuku H Jafar yang keluarga besarnya disebutkan berasal dari keturunan Arab, sampai ke Singkil, atas perintah ayah handanya menyebarkan Islam di Pantai Barat Selatan Aceh. Sebelum tiba di Singkil, sempat menetap di daerah Bate Pidie Grung-grung.

Baca: Pemilik Bendera Peninggalan Aceh Darussalam di Trumon Pernah Menetap di Pidie

Ketika pasukan Belanda memporak-porandakan Kerajaan Singkil, diperkirakan tahun 1873 Masehi. Teuku H Jafar, memilih pergi ke Trumon yang kini masuk dalam Desa Keude Trumon, untuk bercocok tanam hingga selanjutnya mendirikan Kerajaan Trumon.

Teuku Raja Aceh menyebutkan, bukti pernah menikah dengan putri kerajaan Singkil. Dapat dilihat dari harta warisan Raja Trumon. Salah satunya tanah yang dijual kelurga kerajaan. (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id