WOW NASA Rilis Foto dan Video Gerhana Matahari Total, Begini Wujudnya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

WOW NASA Rilis Foto dan Video Gerhana Matahari Total, Begini Wujudnya

  • Reporter:
  • Selasa, Agustus 22, 2017
WOW NASA Rilis Foto dan Video Gerhana Matahari Total, Begini Wujudnya
Foto WOW NASA Rilis Foto dan Video Gerhana Matahari Total, Begini Wujudnya

SERAMBINEWS.COM – Badan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) merilis sejumlah foto dan video detik-detik terjadinya gerhana matahari total, Senin (21/8/2017).

Melalui akun instagramnya, NASA menyebut gerhana matahari total itu membuat gelap sebagian wilayah Amerika Serikat, mulai dari Pantai Lincoln, Oregon sampai Charleston, South Carolina.

Sementara gerhana matahari parsial terlihat di seluruh benua Amerika Utara bersama dengan bagian-bagian Amerika Selatan, Afrika, dan Eropa.

Seperti diketahui, gerhana Matahari merupakan fenomena, di mana Bulan berada di antara Matahari dan Bumi.

Dalam keterangan yang menyertai sebuah video itu, NASA menyebutkan video ini merekam 1.500 frame per detik dengan kamera berkecepatan tinggi.

NASA juga merilis sebuah foto yang memperlihatkan proses terjadinya gerhana matahari parsial di atas Danau Ross, di Northern Cascades National Park, Washington pada hari Senin, 21 Agustus 2017.

nasa

instagram.com/nasa

Akun instagram NASA juga merilis sembilan foto yang merekam momen puncak gerhana matahari total.

Pada keterangan menyertai sembilan foto ini, NASA menulis;

“Hari ini, Matahari menghilang, nampaknya ditelan oleh Bulan kita-setidaknya untuk sementara waktu. Gerhana matahari pada 21 Agustus menembus petak-petak Amerika Utara dari pantai ke pantai dan yang sepanjang jalan totalitas, di situlah Bulan benar-benar menutupi Matahari, dihadapkan pada pemandangan yang tak terlihat di AS dalam 99 tahun. Di tempat lain di seluruh negeri, banyak yang bisa melihat setidaknya sebagian gerhana. Rangkaian gambar ini menunjukkan perkembangan gerhana matahari parsial di dekat Banner, Wyoming. Kredit Foto: (NASA / Joel Kowsky)

nasa

instagram.com/nasa

Diberitakan sebelumnya, Kepala Pusat Studi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail SSy MA, Minggu (20/8/2017) mengatakan, sesuai kajian ilmu falak, gerhana matahari total akan terjadi pada, Senin (21/8/2017).

Bila gerhana matahari total pada 9 Maret 2017 terjadi di Indonesia, maka kali ini gerhana matahari hanya di daratan Amerika Serikat.

Baca: Besok, Terjadi Gerhana Matahari Total, akan Terlihat di Daerah Ini

Menurut Tgk Ismail, gerhana matahari total ini akan terjadi mulai pukul 16.48 – 20.02 UT (universal time) atau pukul 23.48 – 03.02 WIB atau pukul 11.48 – 15.02 waktu New York City.

Gerhana matahari dalam bentuk totalitas akan terlihat di negara bagian Oregon, Nebraska, Kentucky dan berakhir di Carolina Selatan.

“Sedangkan sebagian besar daratan negara bagian Amerika Serikat lainnya, hanya dapat melihat gerhana dalam bentuk parsial atau gerhana matahari sebagian,” jelasnya. (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id