Abrasi Labuhan Haji Kian Parah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Abrasi Labuhan Haji Kian Parah

Abrasi Labuhan Haji Kian Parah
Foto Abrasi Labuhan Haji Kian Parah

* Ancam Pemukiman Penduduk

TAPAKTUAN – Pengikisan bibir pantai (abrasi) di kawasan Kecamatan Labuhan Haji dan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan mencemaskan penduduk setempat. Anggota DPRK Aceh Selatan Lisa Elfirasman ST melaporkan sudah 50 meter daratan di dua kecamatan itu berubah menjadi laut akibat abrasi yang kian mengganas ini.

“Abarasi sudah sangat mengancam daerah pesisir Kecamatan Labuhan Haji dan Labuhan Haji Barat. Sudah 50 meter daratan berubah menjadi laut. Kita berharap kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan segera mencari solusi dan langkah penanganan terhadap persoalan tersebut, supaya masyarakat yang tinggal di sepanjang pesisir pantai bisa kembali hidup tenang,” ujar politikus Partai Aceh (PA) itu kepada Serambi, Senin (21/8).

Dia sebutkan beberapa hari lalu pihaknya bersama Muspika setempat sudah turun meninjau lokasi abrasi. Alhasil, masyarakat setempat berharap agar kawasan pesisir yang terkena abrasi tersebut bisa segera dibangun break water (tanggul pemecah ombak). “Setiap pasang naik masyarakat yang tinggal di pesisir pantai resah karena gelombang pasang terus menghantam bibir pantai,” ungkapnya.

Informasi yang diterimanya dari beberapa keuchik dalam dua kecamatan tersebut, dulunya bibir pantai sangat luas. Namun sejak lima tahun terakhir kondisi bibir pantai semakin terkikis. “Miris, saat ini diperkirakan sudah 60 meter daratan berubah menjadi laut,” ungkapnya.

Ia sebutkan pihaknya sudah sering menyuarakan dan memperjuangkan persoalan tersebut saat pembahasan anggaran, namum tidak pernah terealisasi. “Bahkan kata Pak Kechik Rafi’ persoalan ini juga sudah sering diusulkan dalam Musrenbang, baik Musrenbang kecamatan bahkan di kabupaten,” ujarnya.

Lisa menambahkan sejak tahun 2014 sampai 2016 persoalan tersebut menjadi prioritas. Tapi sampai saat ini hanya tinggal harapan dan tidak juga kunjung terealisasi. “Pemerintah harus memperhatikan keluhan-keluhan masyarakat seperti ini. Jangan sampai kepercayaan masyarakat kian memudar pada pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu informasi yang diterima Serambi daerah yang terancam abrasi di dua kecamatan tersebut yaitu Desa Pawoh, Desa Lembah Baru, Desa Tengah Baru, Desa Padang Baru di Kecamatan Labuhanhaji serta Desa Ujung Padang, Sesa Blang Poroh dan Desa Blang Baru di Kecamatan Labuhanhaji Barat.(tz) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id