Ini Para Juara Nasional dari Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ini Para Juara Nasional dari Aceh

Ini Para Juara Nasional dari Aceh
Foto Ini Para Juara Nasional dari Aceh

* Guru, Tenaga Pengawas, dan TKSK

BANDA ACEH – Seorang guru dan dua tenaga kependidikan di Aceh meraih juara III dalam pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat nasional. Kegiatan ini dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta pekan kemarin dalam rangka Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI.

Mereka adalah H Kaspani SPd MPd, pengawas SMA dari Aceh Singkil (kategori pengawas berdedikasi dari daerah khusus), Hj Jamilah SPd MM, pengawas PKLK Kota Banda Aceh (kategori pengawas berprestasi daerah kota), dan Ita Masyita, Guru SMK Lokop, Aceh Timur (kategori guru berdedikasi dari daerah khusus).

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Aceh, Drs Darmansyah MM menyampaikan hal ini kepada Serambi Serambi, Minggu (20/8). Menurutnya, prestasi ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya satu orang.

Selain tiga orang itu, dua guru lainnya, yakni Edwin SPd guru SMP dari Kota Langsa meraih juara harapan II dan Cut Rodhiah SPd, Guru SD dari Kota Langsa meraih juara harapan III guru berprestasi tingkat nasional. Mereka adalah bagian dari 28 peserta yang dikirim Aceh dari 36 cabang yang diperlombakan. Darmansyah berharap prestasi yang sudah diraih ini menjadi motivasi bagi yang lainnya, bahkan ke depan prestasi Aceh bisa lebih meningkat.

Sementara itu, Misrayana SPsi yang merupakan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Teladan Provinsi Aceh meraih predikat teladan tingkat nasional berdasarkan penilaian tim Kementerian Sosial RI. Misrayana sehari-hari bertugas sebagai TKSK di Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh menjadi duta Aceh ke tingkat nasional dan bersaing dengan wakil-wakil dari 33 provinsi lainnya se-Indonesia.

Saat dihubungi Serambi tiga hari lalu, Misrayana masih di Jakarta dan belum bisa memastikan dirinya berada di peringkat berapa. “Alhamdulillah saya masuk tiga besar nasional tapi di peringkat berapa akan diberitahukan melalui surat,” kata pekerja sosial yang juga tercatat sebagai pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh pada Bidang Pendataan, Monitoring, dan Evaluasi.

Misrayana di Jakarta 12-18 Agustus 2017 mengikuti serangkaian kegiatan termasuk seleksi dan orientasi pilar-pilar sosial berprestasi yang diikuti peserta se-Indonesia. Ibu empat putra-putri tersebut juga terpilih sebagai salah satu peserta upacara peringatan HUT RI di Istana Negara dengan memakai pakaian adat Aceh. Misrayana juga mengikuti malam renungan bersama Presiden RI di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Sementara itu, Kantor Urusan Agama (KUA) Peureulak, Aceh Timur meraih juara III dalam ajang perlombaan KUA teladan tingkat nasional tahun 2017. Penghargaan diserahkan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, kepada Kepala KUA Peureulak, M Mansyur di Jakarta, Jumat (18/8).

Kabid Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Hamdan MA kepada Serambi dua hari lalu mengatakan pemilihan KUA teladan merupakan agenda tahunan Kementerian Agama yang dimulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Menurutnya, perolehan juara III nasional merupakan prestasi terbaik Aceh di ajang tersebut.

Ia juga menyebutkan ada beberapa kategori yang menjadi penilaian juri dalam pemilihan KUA teladan, seperti sistem pelayanan cepat dengan dukungan IT, profil, bangunan kantor, kepemimpinan, tata laksana organisasi, dan qiraatul kitab.

“Ini menjadi prestasi terbaik diraih Aceh dalam pemilihan KUA teladan ini, tapi pada tahun-tahun sebelumnya perwakilan Aceh tetap masuk 10 besar hingga lima besar nasional,” ujar Hamdan didampingi Kasi Pemberdayaan KUA, Drs H Cut Ali Manyak MM.

Plt Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H Asy’ari mengatakan, prestasi yang sudah diraih itu harus menjadi motivasi KUA lain untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga ke depan Aceh kembali dapat meraih prestasi serupa. Ia menambahkan, karena sudah meraih prestasi nasional maka pelayanan KUA Peureulak harus menjadi representatif bagi KUA lain di Aceh dalam memberikan pelayanan. (her/nas/mun) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id