Gubernur Beri Sambutan Saat Wisuda Lulusan UIN | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur Beri Sambutan Saat Wisuda Lulusan UIN

Foto Gubernur Beri Sambutan Saat Wisuda Lulusan UIN

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah turut hadir dan memberi sambutan pada wisuda 967 mahasiswa lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh di Auditorium Ali Hasjmy, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (22/3). Mereka yang diwisuda itu dari Program Diploma III (D-III), Strata 1 (S1), Program Megister (S2) dan Program Doktoral (S3).

Gubernur dalam sambutannya antara lain mengatakan dunia pendidikan sedang menghadapi masalah miminnya lapangan kerja. Sedangkan para sarjana terus bertambah. Karena itu, kata Gubernur perlu keterlibatan dan partisipasi aktif seluruh stakeholder, terutama lembaga pendidikan di Aceh agar dapat membekali peserta didik dengan semangat wirausaha, sehingga mereka lebih siap ketika terjun ke masyarakat.

“Pemerintah Aceh tentu tidak dapat bekerja sendiri, kami terus berupaya sekuat tenaga agar iklim investasi Aceh dapat terus berkembang, untuk memperluas lapangan kerja yang ada, termasuk melalui Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang terus melakukan berbagai program dalam rangka mencetak lebih banyak pengusaha di Aceh,” kata Gubernur, seperti dikutip dalam siaran pers oleh Humas yang dikirim kepada Serambi kemarin.

Gubernur menambahkan yang tak kalah penting untuk dilakukan saat ini adalah menumbuhkembangkan semangat wirausaha di kalangan masyarakat. Gubernur mencontohkan saat ini jumlah pengusaha di Indonesia sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah pengusaha di negara tetangga yang lebih maju dari tingkat perekonomian.

“Pengusaha di Indonesia, pada 2015 hanya berkisar 1,65 persen dari jumlah penduduk. Bandingkan dengan negara jiran Malaysia yang mencapai lima persen, dan Singapura tujuh persen. Semakin tinggi jumlah pengusaha, maka semakin banyak angkatan kerja yang bisa diserap,” kata Gubernur yang kerap disapa dengan Doto Zaini.

Kepada para wisudawan dan wisudawati, Gubernur berpesan agar dapat menguasai teori dan terus menggali pengalaman lebih mendalam melalui praktik dalam kehidupan sehari-hari. (sal/rel) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id