Mencari Popularitas | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mencari Popularitas

Mencari Popularitas
Foto Mencari Popularitas

Oleh: Jarjani Usman

“Dan apabila mereka (kaum munafikin) berdiri mengerjakan shalat, maka mereka berdiri dalam keadaan malas dan riya’ di hadapan manusia dan tidaklah mereka mengingat Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An Nisa’: 142).

Pikiran sebahagian kita telah lama terbentuk oleh upaya mencari popularitas di kalangan orang banyak, bukan mencari ridha Allah. Disebut demikian karena sebahagian kita cenderung melakukan perbuatan-perbuatan yang bertujuan untuk dikagumi orang saja, sehingga cenderung giat mengerjakan sesuatu bila disaksikan manusia. Sangat penting untuk disadari bahwa yang demikian berbahaya, karena bisa merembes pada sikap dan perilaku dalam beribadah.

Dalam beribadah, seseorang yang sudah terbiasa bersikap dan berperilaku mencari popularitas akan terjebak dalam rasa malas saat tidak dilihat orang banyak. Bila di hadapan orang banyak bukan hanya yang wajib yang dilaksanakan dan tepat waktu, tetapi juga yang sunat. Dan bahkan berlama-lama di tempat ibadah. Namun saat bukan di hadapan orang banyak, shalat wajib saja dilaksanakan asal jadi dan tidak tepat waktu.

Padahal saat sedang beribadah shalat, baik di hadapan orang banyak mapun yang tidak, yang dibaca adalah pengakuan dan doa kepada Allah. Seperti membaca Surat Al Fatihah, yang bukan hanya melakukan pengakuan bahwa Allah penguasa alam semesta dan juga yang memiliki hari iamat. Juga membuat pengakuan untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah. Di samping itu juga berdoa agar diberikan jalan yang lurus, sebagaimana lurusnya jalan yang telah dilalui oleh orang-orang salih. Namun sayangnya, pengakuan dan doa pun (sebahagian) kita lakukan asal jadi saat tidak disaksikan orang banyak. (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id