DPR Minta Kantor TNGL Dikembalikan ke Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

DPR Minta Kantor TNGL Dikembalikan ke Aceh

  • Reporter:
  • Minggu, Agustus 20, 2017
DPR Minta Kantor TNGL Dikembalikan ke Aceh
Foto DPR Minta Kantor TNGL Dikembalikan ke Aceh

TAPAKTUAN – Anggota Komisi IV DPR RI asal Aceh M Salim Fakhri mengatakan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup harus mengembalikan Kantor Balai Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) ke Provinsi Aceh.

Sebab, menurutnya, daerah Aceh mayoritas wilayahnya berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. “Aceh daerah yang mayoritas wilayahnya berada dalam kawasan TNGL. Tapi kenapa Kantor Balai TNGL malah di Sumatera Utara. Karenanya, kita minta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk memindahkan kembali,” kata Salim Fakhri saat menyerahkan bantuan alat pertanian untuk Kelompok Tani di Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (19/8).

Bantuan bersumber dari APBN tersebut berupa 16 unit handtraktor, satu unit traktor empat roda, dan 11 unit pompa air diserahkan langsung Salim Fakhri didampingi Bupati Aceh Selatan T Sama Indra. Dia sebutkan dulu kantor Balai TNGL berada di Kutacane, ibukota Kabupaten Aceh Tenggara. Namun belakangan dipindahkan ke Provinsi Sumatera Utara. “Ini jelas tidak cocok, karenanya kita akan terus meminta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup agar memindahkan kembali kantor Balai TNGL ke Aceh,” ujarnya.

Sebelum menyerahkan bantuan, Salim Fakhri terlebih dahulu bersilahturahmi dengan kader dan pengurus DPD II Golkar Aceh Selatan yang berlangsung di Sekretariat DPD II Golkar di Gampong Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan yang diterima Ketua Harian DPD II Golkar Aceh Selatan T Azam Fachri dan pengurus. “Kunjungan saya kemari merupakan kunjungan Dapil. Sambil mengunjungi Dapil, sebagai kader saya juga mengunjungi DPD II. Kedatangan saya ke sini juga tidak sekedar datang, namun saya juga membawa pulang bantuan yang bersumber dari APBN,” kata HM Salim Fakhri.

Dia sebutkan bantuan yang akan disalurkan ini tidak merata, namun ke depan akan diupayakan merata. Usai menggelar pertemuan Salim Fakhri melanjutkan kegiatan memberi bantuan untuk kelompok Tani di Kecamatan Tapaktuan. Sementara itu anggota DPRK Aceh Selatan Kamalul menyatakan apresiasi kepada Pemerintah Pusat terutama Kementerian Pertanian yang sudah membantu pelatan pertanian untuk masyarakat Aceh Selatan.

Anggota Komisi IV DPR RI asal Aceh M Salim Fakhri juga mengatakan bupati Aceh Selatan menitip harapan kepadanya untuk mengupayakan membantu bibit pala untuk petani di Kabupaten Aceh Selatan. Sebab, katanya, dari 17.000 hektare kebun pala di Aceh Selatan, 7.000 hektare di antaranya mati diserang hama penggerak batang. “Selain itu kita juga akan memperjuangkan boat untuk nelayan. Kita usulkan dari kayu, karena boat viber tidak cocok dengan kondisi laut di Aceh Selatan,” ungkapnya.(tz) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id