Nelayan Susoh tak Perlu Rebutan Lagi, 16 Ribu Liter Solar Masuk SPDN Ujong Serangga | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Nelayan Susoh tak Perlu Rebutan Lagi, 16 Ribu Liter Solar Masuk SPDN Ujong Serangga

Nelayan Susoh tak Perlu Rebutan Lagi, 16 Ribu Liter Solar Masuk SPDN Ujong Serangga
Foto Nelayan Susoh tak Perlu Rebutan Lagi, 16 Ribu Liter Solar Masuk SPDN Ujong Serangga

URI.co.id,BLANGPIDIE – Satu mobil tanki Pertamina berisi 16.000 liter solar tiba di Stasiun SPDN (Solar Packed Dealer Nelayan) Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (19/8/2017) sore.

Stasiun SPDN yang dikelola Koperasi Perikanan (Koperkan)  Rehabilitation & Empowerment for Fisherman Community of Aceh (Refca) itu akan beroperasi kembali melayani kebutuhan solar untuk nelayan, setelah terhenti hampir tiga bulan akibat kerusakan mesin pompa.

Ketua Koperkan Refca, Ermisal yang dihubungi URI.co.id, Sabtu (19/8/2017) malam ini menjelaskan, paling lambat, Minggu pagi (besok) stasiun SPDN itu sudah bisa melayani permintaan solar dari nelayan setempat.

“Mesin pompa yang rusak sudah kita ganti dengan mesin pompa second, namun masih layak pakai. Minyak solar sebanyak 16.000 liter yang kita tebus ke Depot Pertamina Meulaboh juga sudah tiba,” kata Ermisal.

(Baca: BBM Solar Tumpah di Jalan, Puluhan Pengendara Motor di Meulaboh Tergelincir)

Stasiun SPDN di Kompleks PPI Ujung Serangga, Susoh, tidak beroperasi sejak akhir Mei 2017 akibat kerusakan mesin pompa. SPDN itu melayani kebutuhan minyak solar sebanyak 89 unit boat dengan berat muatan di bawah 30 GT (gross tonnage).

(Baca: VIDEO – Meriahnya Lomba Panjat Pinang di Lapangan Teuku Umar Meulaboh)

Selama kerusakan mesin pompa itu, atas permintaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Abdya, Pertamina mengalihkan kuota (jatah) solar SPDN PPI Ujung Serangga ke Stasiun Pengisihan Bahan Bakar Umum (SPBU) Pante Perak Susoh.

(Baca: Nelayan ‘Berebut’ Solar di SPBU)

Selama itu pula nelayan harus antre membeli solar dengan membawa puluhan jeriken di SPBU Pantee Perak, Susoh. Sering kali nelayan harus berebut solar dengan pengemudi kendaraan, terutama dengan pengemudi damtruk dan truk barang di SPBU itu. (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id