Dana Baitul Asyi Mulai Disalurkan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dana Baitul Asyi Mulai Disalurkan

Dana Baitul Asyi Mulai Disalurkan
Foto Dana Baitul Asyi Mulai Disalurkan

BANDA ACEH – Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Aceh dijadwalkan hari ini, Sabtu (19/8) akan menerima dana waqaf Baitul Asyi. Pengurus Baitul Asyi akan mendatangi langsung JCH Kloter 1 sebanyak 393 orang yang saat ini sudah di Mekkah, Arab Saudi.

JCH Kloter 1 yang akan dibagikan dana wakaf Baitul Asyi berasal dari Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, Subulussalam, Banda Aceh, dan Aceh Besar. Masing-masing jamaah akan menerima Riyal/SAR 1.200/orang atau sekitar Rp 4,2 juta.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh selaku utusan Pemerintah Aceh, mengatakan, saat ini sebanyak 786 JCH asal Aceh yang tergabung dalam Kloter 1 dan Kloter 2 sudah tiba di Mekkah. “Dana Baitul Asyi untuk Kloter 2 yang berjumlah 393 orang dijadwalkan pembagiannya pada hari Minggu (20/8),” kata Daud Pakeh.

JCH Kloter 2 berasal dari Langsa, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Jaya, Aceh Selatan, dan Banda Aceh. Sedangkan Kloter III dijadwalkan tiba di Mekkah hari ini, Sabtu (19/8).

Menurut Daud Pakeh, dana Baitul Asyi yang disalurkan tahun ini sama dengan tahun lalu. Secara keseluruhan dana waqaf yang akan dikeluarkan Baitul Asyi untuk 4.473 jamaah asal Aceh mencapai SAR 5.367.600 atau Rp 19,1 miliar.

“Dua hari setelah jamaah tiba di Mekkah, tim dari Baitul Asyi akan menemui jamaah untuk memberikan langsung uang hasil pengelolan waqaf Baitul Asyi tersebut,” kata Daud Pakeh yang saat ini berada di kawasan Misfalah, Mekkah untuk mengurus penyerahan dana tersebut.

Perwakilan dari Badan Wakaf Habib Bugak Asyi, Jamaluddin Alfian menjelaskan, wakaf Habib Bugak Asyi merupakan aset milik masyarakat Aceh terdahulu. Sehingga kekayaan ini tercatat di lembaran kerajaan Saudi atas nama Habib Bugak Asyi. Aset itu dalam bentuk Hotel Ramada, Elaf Al-Masya’ir, dan sejumlah apartemen.

Kloter 4 berangkat
Sementara di Bandara SIM Blang Bintang, Aceh Besar, hari ini, Sabtu (18/8) dijadwalkan akan berangkat sebanyak 393 JCH yang tergabung dalam Kloter 4 dari Kota Banda Aceh dengan ketua kloter, H Muhammad Nasril Lc.

Sedangkan JCH Kloter 5 dari Aceh Barat, Aceh Besar, dan Aceh Tenggara yang berjumlah 392 dijadwalkan akan masuk Asrama Haji malam ini dan berangkat pada Minggu (20/8) malam. (mun) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id