Dandim dan Kadistan Aceh Besar Kunjungi Lhoong | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dandim dan Kadistan Aceh Besar Kunjungi Lhoong

Dandim dan Kadistan Aceh Besar Kunjungi Lhoong
Foto Dandim dan Kadistan Aceh Besar Kunjungi Lhoong

BANDA ACEH – Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS, Letkol Inf Iwan Rosandriyanto SIP, dan Kadis Pertanian (Kadistan) Aceh Besar, Ahmad Tarmizi SP MM, Jumat (18/8) mengunjungi Kecamatan Lhoong, Aceh Besar.

Mengawali kunjungannya, Dandim dan Kadistan meninjau lokasi pembangunan kilang padi modern di Desa Lamsujen. Kilang padi yang mampu menghasilkan beras 15 ton/hari itu dibangun dengan dana APBN sebesar Rp 600 juta. Kemudian, Dandim dan rombongan meninjau persawahan Desa Pudeng. Di tempat tersebut, warga berharap pemerintah dapat membangun embung yang bisa menampung air untuk kebutuhan petani saat musim kemarau. “Ketika kemarau, petani kesulitan memperoleh air karena tak ada embung yang menampung air. Jika ada embung, sekitar 100 hektare sawah di desa kami akan teraliri,” ungkap Tgk Yasir, tokoh masyarakat Lhoong saat menerima kunjungan Dandim dan Kadistan Aceh Besar.

Setelah shalat Jumat, Letkol Iwan Rosandriyanto dan Ahmad Tarmizi didampingi Camat Lhoong, Azhar, meninjau kebun bawang merah milik Faizan, warga Gampong Gapuy. Di tempat itu, Dandim dan rombongan juga melakukan panen bawang. “Sekali panen, saya bisa memperoleh uang 8 juta rupiah setelah dipotong biaya produksi dan upah kerja. Panennya dua bulan sekali dan dalam setahun saya bisa panen tiga kali,” ungkap Faizan.

Terakhir, Dandim dan Kadistan Aceh Besar meninjau Dham Parit di Desa Blang Baroeh Krueng Kala. Saluran irigasi itu tak berfungsi karena posisinya lebih rendah daripada sawah. Karena itu, petani setempat berharap pemerintah membantu menyediakan mesin pompa air untuk mereka.

Kadis Pertanian Aceh Besar, Ahmad Tarmizi SP MM, kepada Serambi, seusai kunjungan itu mengatakan, semua aspirasi petani di Kecamatan Lhoong akan dilaporkan kepada Bupati untuk dicarikan solusi. Sehingga, semua masalah yang mereka hadapi dapat teratasi.

“Kita berharap ke depan sawah seluas 800 hektare di 28 desa dalam Kecamatan Lhoong akan bisa produktif semuanya. Sehingga pendapatan petani di kawasan itu akan meningkat,” harap Ahmad Tarmizi seraya menyatakan pihaknya akan terus bekerja sama dengan TNI–dalam hal ini Kodim 0101/BS–untuk membantu petani di Aceh Besar.(jal) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id