Gapensi: Lelang Proyek Harus Awal Tahun | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gapensi: Lelang Proyek Harus Awal Tahun

Gapensi: Lelang Proyek Harus Awal Tahun
Foto Gapensi: Lelang Proyek Harus Awal Tahun

KEMARIN, Serambi juga mewawancarai Wakil Ketua BPD Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapensi), Ir Suwarli terkait masih mahalnya harga semen di pasaran Banda Aceh dan Aceh Besar, yakni Semen Andalas masih Rp 60.000-68.000 ribu per sak. Padahal sebelumnya Rp 52.000-55.000.

Sedangkan Semen Padang yang sebelumnya Rp 48.000-52.000 per sak, kini Rp 55.000-58.000 per sak. Demikian juga harga besi, rata-rata juga naik di atas sepuluh persen. Harga semen dan besi ini sesuai pantauan Serambi di Banda Aceh dan Aceh Besar kemarin.

Menanggapi hal ini, Suwarli meminta pemerintah dan industri semen lokal harus bertanggungjawab terhadap ketersediaan dan kecukupan semen untuk kebutuhan pasar di Aceh. “Jangan ada lagi alasan yang tidak masuk akal. Karena, setiap tahun masalah rusak mesin, kebutuhan meningkat, ini dan itu lah,” kata Ir Suwarli.

Karena naiknya harga bahan bangunan ini, Suwarli juga meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Gubernur Aceh menyesuaikan nilai kontrak kerja 2017 saat ini dengan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain itu, karena kelangkaan semen, ia juga meminta pemerintah memberi perpanjangan masa pekerjaan proyek.

Melihat seringnya terjadi kasus serupa setiap tahun, ia juga meminta gubernur Aceh mempertimbangkan untuk mengubah sistem pelelangan (tender) proyek dari sebelumnya pertengahan tahun berjalan agar menjadi di awal tahun. “Karena di akhir tahun, selain terkendala pasokan material semen, juga terkendala akibat pengaruh cuaca musim hujan,” ujar Suwarli. (awi) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id