Warga Kaya Masuk Tata RT Miskin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Kaya Masuk Tata RT Miskin

Warga Kaya Masuk Tata RT Miskin
Foto Warga Kaya Masuk Tata RT Miskin

SINGKIL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil memasang tanda di rumah tangga miskin (RTM). Tanda yang terbuat dari plat kaleng tipis itu berisi informasi nama kepala keluarga, nama istri, alamat dan pekerjaan.

Tujuannya supaya program penanggulangan kemiskinan yang digulirkan pemerintah tepat sasaran dan tidak tumpang tindih bantuan. Namun sayangnya berdasarkan pantauan Serambi, Jumat (18/8) terobosan yang dilakukan Pemkab Aceh Singkil tersebut sebagian tidak tepat sasaran. Banyak warga dari keluarga berada ikut ditandai sebagai RTM. Sebaliknya keluarga miskin dengan rumah nyaris rubuh tidak dipasang tanda.

Permasalahan lain pekerjaan yang tertera juga tidak sesuai. Sekretaris Tim Koordiansi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Aceh Singkil, Junaidi, mengakui ada orang kaya yang rumahnya ditanai sebagai RTM. Bahkan, sebutnya, ada kepala desa yang rumahnya ditandai sebagai rumah tangga miskin. “Betul banyak rumah orang kaya, malah kepala desa rumahnya ditandai sebagai rumah tangga miskin,” kata Kepala Bappeda Aceh Singkil tersebut.

Menurut Junaidi, sebetulnya permasalahan itu bisa dihindari jika saja orang kaya menolak rumahnya dipasang tanda sebagai RTM. Sebab sebelum dipasang petugas terlebih dahulu menyampaikan berita acara pernyataan bersedia masuk dalam data orang miskin. “Tapi anehnya walau kaya tidak menolak dimasukan miskin. Malah ada orang kaya marah karena rumahnya tidak ditandai sebagai keluarga miskin,” jelas Junaidi.

Solusinya sebut Junaidi, rumah orang kaya yang ditandai sebagai RTM akan dihapus dalam data. Hanya saja tidak bisa serta merta, lantaran harus melalui proses, mengingat data saat ini sudah ditetapkan. Terkait pekerjaan yang tidak sesuai, ia menyarankan supaya melapor ke Sekretariat Tim Koordiansi Penanggulangan Kemiskinan di Kantor Bappeda Aceh Singkil.

Pemasang tanda RTM sudah dilakukan di enam kecamatan dari sebelas kecamatan di Aceh Singkil. Yaitu Singkohor, Kota Baharu, Suro, Danau Paris, Kuala Baru dan Kecamatan Singkil Utara. Sementara yang belum Singkil, Gunung Meriah, Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat dan Simpang Kanan. Rumah tangga miskin yang akan ditandai sesuai data terakhir pada tahun 2014 berjumlah 12.471 kepala keluarga.(de) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id