ESDM: Mifa dan PLTU Bertanggung Jawab | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

ESDM: Mifa dan PLTU Bertanggung Jawab

ESDM: Mifa dan PLTU Bertanggung Jawab
Foto ESDM: Mifa dan PLTU Bertanggung Jawab

* Terkait Pantai Suak Indrapuri Tercemar Batubara

MEULABOH – Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Aceh meminta PT Mifa Bersaudara dan PLTU Nagan Raya lebih serius membersihkan limbah batubara yang sudah berhari-hari mencemari pantai dan laut di Suak Indrapuri, Meulaboh, Aceh Barat.

“Kita minta kedua perusahaan itu harus membersihkan hingga tuntas,” kata Mahdinur, Kabid Mineral dan Batubara dari ESDM Aceh di sela meninjau pantai Suak Indrapuri, Meulaboh yang tercemar batubara kemarin. Menurut Mahdinur pembersihan pantai yang tercemar batubara harus tuntas dilakukan agar objek wisata laut itu dapat kembali digunakan. “Minimal hingga 90 persen harus bersih. Kita minta kedua perusahaan itu bertanggung jawab,” katanya.

Dia sebutkan dari sampel sementara batubara yang mencemari pantai dan laut merupakan milik kedua perusahaan tersebut. Dari 10 sampel yang diuji selain didominasi batubara milik PLTU juga terdapat batubara milik Mifa. Ia juga menyatakan prihatin terhadap pantai dan laut yang tercemar batubara sehingga telah membawa akibat buruk bagi warga sekitar dan biota laut.

“Terhadap sanksi ini masih dilihat. Yang penting sekali adanya pembersihan,” katanya. Saat meninjau lokasi, tim Dinas ESDM turut didampingi pengurus Partai Nasional Aceh (PNA) Aceh Barat. Tampak juga di lokasi para pekerja PT Mifa dan PLTU Nagan Raya membersihan sisa batubara yang berserakan di bibir pantai.

Rusak Ekonomi Warga
Sementara itu Keuchik Suak Indrapuri Rosni Fianti Mala kemarin di sela menerima tim Dinas ESDM Aceh menyampaikan bahwa dampak pencemaran laut di Suak Indrapuri menyebabkan perekonomian penduduk rusak, pendapatan menurun karena lokasi objek wisata terpaksa ditutup. Jumlah ikan di lokasi tersebut juga turun. “Kami meminta harus dengan cepat dibersihkan. Selama ini penduduk di kawasan ini juga kurang mendapat perhatian,” kata Rosni yang turut didampingi tokoh masyarakat setempat Kasmuddin.(riz) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id