Dua Kloter JCH Aceh Tiba di Tanah Suci | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dua Kloter JCH Aceh Tiba di Tanah Suci

Dua Kloter JCH Aceh Tiba di Tanah Suci
Foto Dua Kloter JCH Aceh Tiba di Tanah Suci

BANDA ACEH – Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 dan 2 sudah tiba di Mekkah, Kamis (17/9) dan mulai melaksanakan ibadah umrah.

Pesawat Garuda Boeing 777 seri 300 yang membawa JCH kloter 1 itu mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pada Rabu (16/8) pukul 15.58 Waktu Arab Saudi (WAS) atau sekitar pukul 20.00 WIB. Sementara kloter 2 tiba di Jeddah pada Kamis (17/8) pukul 13.30 WAS atau sekitar 17.30 WIB.

Koordinator Humas dan Protokoler PPPIH Embarkasi Aceh, H Rusli Lc MSi kepada Serambi, Kamis (17/8) menyampaikan kondisi kesehatan JCH yang sudah tiba di Tanah Suci dalam kondisi baik, dan setiba di Mekkah langsung ditempatkan di pemondokan.

Kloter 1 yang berasal dari Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, Subulussalam, Banda Aceh, dan Aceh Besar pemondokannya berada di wilayah Misfalah. Sedangkan kloter 2 yang berasal dari Langsa, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Jaya, Aceh Selatan, dan Banda Aceh lokasi pemondokannya di wilayah Jarwal.

“Setelah beristirahat sejenak langsung dilanjutkan dengan pelaksanaan ibadah umrah,” katanya.

Rusli menambahkan berdasarkan data yang diperoleh dari tim kesehatan, jumlah JCH yang tergolong resiko tinggi pada kloter 1 berjumlah 304 orang dan kloter 2 sebanyak 229 orang dari jumlah jamaah masing-masing kloter 393 orang.

Selain itu, Ketua PPIH Embarkasi Aceh, Drs HM Daud Pakeh dalam sambutannya saat pelepasan JCH kloter 1 pada Rabu (16/7) menyampaikan pada tahun ini terjadi peningkatan kouta haji Provinsi Aceh dari tahun sebelumnya, yaitu 1.282 JCH, sehingga kouta haji tahun ini berjumlah 4.393 orang yang terdiri atas jamaah sebanyak 4.359 orang dan TPHD/TKHD 34 orang.

Dikatakan, tahun ini kloter 1 sampai 11 merupakan kloter penuh JCH asal Aceh, sedangkan kloter 12 yang berjumlah 151 jamaah merupakan kloter campuran. “Nantinya kloter 12 akan bergabung dengan JCH dari Embarkasi Medan yaitu kloter 22,” sebutnya.

Selain itu, pada tahun ini maktab terdekat dengan Masjidil Haram yang ditempati JCH Aceh berada di wilayah Jarwal, lebih kurang 1 kilometer. Sedangkan yang terjauh adalah wilayah Raudhah dan Syisyah dengan jarak lebih kurang 4 kilometer dari Masjidil Haram.

JCH kloter 1 dilepas oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang hadir saat pelepasan, di Aula Utama Asrama Haji Embarkasi Aceh, Rabu (16/8).

Dalam sambutan Gubernur Aceh yang dibacakan Wakil Gubernur, Nova Iriansyah disampaikan agar JCH berkenan mendoakan pembangunan Aceh berjalan lancar, sehingga visi Pemerintah Aceh yakni terwujudnya Aceh yang damai dan sejahtera melalui pemerintahan yang bersih, adil dan melayani terlaksana dengan baik, dapat diwujudkan.

Di samping itu juga disampaikan agar para JCH senantiasa menjaga kesehatannya selama berada di Tanah Suci, karena kondisi cuaca di Arab Saudi yang terkadang berubah cukup ekstrem.

Acara itu juga dihadiri Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Dr Eka Jusuf Singka MSc. (una) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id