Drama Pejuang Aceh Meriahkan HUT Ke-72 RI | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Drama Pejuang Aceh Meriahkan HUT Ke-72 RI

Drama Pejuang Aceh Meriahkan HUT Ke-72 RI
Foto Drama Pejuang Aceh Meriahkan HUT Ke-72 RI

BANDA ACEH – Pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 72 Republik Indonesia di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (17/8), berlangsung meriah. Penampilan drama kolosal yang menceritakan perjuangan pejuang Aceh dalam meraih kemerdekaan menyempurnakan peringatan hari kemerdekaan.

Amatan Serambi, ribuan masyarakat sengaja datang dari pagi untuk menyaksikan detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Blang Padang, meskipun di setiap kecamatan juga digelar upacara. Sebagian warga bahkan membawa serta anak-anaknya.

Drama yang diprakarsai Teater Merah Putih itu menceritakan bagaimana tinggi dan mahalnya nilai perjuangan para pahlawan Aceh dalam melawan penjajahan Belanda, hingga akhirnya Indonesia meraih kemerdekaan. Pelakonnya dimainkan oleh prajurit dari Resimen Induk Daerah Militer Iskandar Muda (Rindam IM) dan beberapa siswa.

Pementasan tersebut berkisah tentang perjuangan Teuku Umar mempertahankan Tanah Air. Teuku Umar membakar semangat para pejuang Aceh untuk tidak takut mati dalam melawan penjajah serdadu Belanda. Dalam sebuah pertempuran sengit, Teuku Umar akhirnya gugur setelah peluru Belanda menembus tubuhnya.

Saat itu, genderang perang terus didengungkan. Estafet perjuangan diambil alih istri Teuku Umar, Cut Nyak Dhien. Perempuan ini memiliki sikap tegas dalam membela Tanah Air dan agama. Ia tidak mau tanah indatu (nenek moyang) dikuasai oleh Belanda. Tak ada pilihan selain perang untuk mengusir para penjajah itu.

Pada upacara bendera kemarin, GubernurAceh, Irwandi Yusuf didapuk sebagai Inspektur Upacara. Sementara Danyonkav Jantho Letkol Made MY bertindak sebagai Komandan Upacara. Kegiatan tersebut diikuti oleh pasukan dari Kodam IM, Polda Aceh, Bataliyon, Brimob, Satpol PP, PNS, para camat, keuchik, pemuda, santri, siswa, dan lainnya.

Pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh pasukan Paskibraka Provinsi Aceh binaan Dispora Aceh dengan Koordinator Pelatih, Alta Zaini (Purna Paskibraka tahun 1981) berlangsung sukses tanpa hambatan. Pengibaran Merah Putih dilakukan setelah Ketua DPRA, Tgk Muharuddin membacakan teks Proklamasi.

Adapun pembawa baki berisi bendera Merah Putih adalah Alya Randah Aqilah, siswi SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Sementara yang bertindak sebagai Komandan Paskibraka adalah Paju 1 Rai C, Yon Armed 17/Komposit, Letda Armed Herly Murti, Lulusan Akmil tahun 2014.

Seusai upacara, Gubernur Irwandi Yusuf mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai 72 tahun kemerdekaan dengan rasa semangat dan optimisme yang tinggi. Apalagi, peringatan kemerdekaan Indonesia beriringan dengan peringatan damai Aceh yang diperingati 15 Agustus lalu.

Selain upacara bendera, HUT Ke 72 RI juga diperingati dengan doa bersama 171717 “Indonesia Kasih Sayang” yang dipusatkan di di Indoor Jasdam IM, Neusu, Banda Aceh, kemarin sore. Doa bersama ini merupakan perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada setiap satuannya.

Aksi 171717 diikuti TNI, Polri serta seluruh komponen masyarakat dari berbagai suku dan agama. Setiap penganut agama melakukan doa berdasarkan keyakinan dan cara masing-masing. Di Banda Aceh, kegiatan ini diprakasai oleh Kodam Iskandar Muda.(mas) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id