Unimal Terbakar, Alhamdulillah Benda Paling Berharga Ini Berhasil Diselamatkan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Unimal Terbakar, Alhamdulillah Benda Paling Berharga Ini Berhasil Diselamatkan

Unimal Terbakar, Alhamdulillah Benda Paling Berharga Ini Berhasil Diselamatkan
Foto Unimal Terbakar, Alhamdulillah Benda Paling Berharga Ini Berhasil Diselamatkan

URI.co.id, BANDA ACEH – Di tengah kebakaran parah yang melanda Biro Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) di Reuluet, Aceh Utara, Jumat (18/8/2017) pagi, terbetik kabar melegakan hati para lulusan yang belum mengambil ijazahnya di kampus itu.

“Perlu kami informasikan bahwa ratusan lembar ijazah lulusan S1 dan S2 Unimal semester ini maupun semester lalu yang masih berada di Biro Rektor Unimal berhasil diselamatkan. Jadi, tak satu pun  yang terbakar,” kata Rektor Unimal, Prof Dr Apridar MSi yang menghubungi URI.co.id, Jumat siang.

Menurutnya, ijazah-ijazah itu selama ini memang disimpan di tempat yang aman dalam deposite safety box pada sebuah ruang rahasia di Gedung Biro Rektor Unimal.

“Alhamdulillah, meski gedung biro rektor habis terbakar, tapi semua ijazah berhasil diselamatkan. Yang akan wisuda dalam waktu dekat ijazahnya sudah ada. Apalagi yang wisudanya semester lalu. Jadi tidak perlu gusar,” kata Apridar.

(Baca: BREAKINGNEWS – Gedung Rektorat Unimal Terbakar)

Pihak rektorat bersama staf akademik juga sedang berupaya menyelamatkan data mahasiswa, dosen, dan pegawai yang tersimpan di ruang server komputer.

Ruang itulah yang dipecahkan kacanya oleh tersangka lalu ia rekayasa aliran listrik di ruang itu sehingga menyebabkan korslet dan akhirnya terbakar.

(Baca: BREAKINGNEWS: Bawa Pertalite, Tersangka Beberkan Caranya Membakar Kampus Unimal)

Namun, server berhasil diselamatkan dari api. Akan tetapi, sempat basah karena tersiram air saat petugas menyemprotkan air ke ruang tersebut saat memadamkan api.

“Kalau sudah dikeringkan, kita akan cek apakah servernya masih berfungsi atau minimal tidak ada data mahasiswa, dosen, dan pegawai administrasi yang hilang. Itu harapan kita,” kata Apridar.

(Baca: Curhat di Grup WhatsApp, Puluhan Dosen UIN Diperiksa Polisi)

Gedung Biro Rektor Unimal dibakar Jumat sekitar pukul 07.00 WIB oleh seorang mantan tenaga honorer yang kecewa kontraknya tak lagi diperpanjang.

Pria itu selama ini bekerja sebagai teknisi listrik di Unimal. Tapi sebagai honorer, gajinya tentu tak besar.

Tersangka sudah ditahan di Mapolres Lhokseumawe beberapa jam setelah kejadian untuk dimintai keterangan sekaligus pertanggungjawaban atas perbuatan nekat yang ia lakukan. (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id