Ini Kisah Pasukan Pengawal Tiang Bendera yang Jadi Objek Foto Warga | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ini Kisah Pasukan Pengawal Tiang Bendera yang Jadi Objek Foto Warga

Ini Kisah Pasukan Pengawal Tiang Bendera yang Jadi Objek Foto Warga
Foto Ini Kisah Pasukan Pengawal Tiang Bendera yang Jadi Objek Foto Warga

BANDA ACEH, URI.co.id – Upacara Hari Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia selalu menyisakan banyak cerita dan peristiwa. Salah satunya tentang pasukan pengawal tiang bendera di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Seperti biasanya pengawalan tiang bendera dilaksanakan ketika bendera Merah Putih telah selesai dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) hingga pelaksanaan upacara penurunan bendera.

Tak lama setelah upacara selesai pasukan pengawal tiang bendera ini menuju ke lokasi tempat tiang bendera berdiri dipimpin satu komandan regu.

Baca: Di Hari Kemerdekaan, 12 Ibu Melahirkan Melalui Operasi Caesar

Sesuai prosedur biasanya ada 12 personel yang disiapkan. Mereka dibagi dalam empat regu dan bertugas bergantian.

Warga berjejer mengabadikan foto temannya dengan pasukan pengawal tiang bendera pada HUT Ke-72 RI di Blangpadang Banda Aceh, Kamis (17/8/2017)

Warga berjejer mengabadikan foto temannya dengan pasukan pengawal tiang bendera pada HUT Ke-72 RI di Blangpadang Banda Aceh, Kamis (17/8/2017) (URI.co.id/Ini Kisah Pasukan Pengawal Tiang Bendera yang Jadi Objek Foto Warga)

Pasukan pengawal tiang bendera ini berasal dari personel gabungan TNI AD (Yonif Raider 112/DJ), TNI AL (Lanal Sabang), TNI AU (Lanud SIM) dan Polri (Brimob Polda Aceh).

Uniknya, keberadaan meerka selalu menarik perhatian publik dan kerap dijadikan objek foto. Meski berpakaian seragam, bersenjata lengkap, bahkan terkadang berwajah sangar, sosok pasukan pengawal tiang bendera ini tidak membuat warga takut.

Siapa saja bisa berdiri dan berfoto ria.

Baca: Sejak Ayahnya Dieksekusi Mati, Anak Amrozi Dendam dan 10 Tahun Tak Mau Hormat Bendera Merah Putih

Uniknya lagi, regu pengawal tiang bendera ini tidak berkutik sama sekali, meskipun banyak warga yang melihat atau sekadar berfoto di samping mereka.

“Setiap kali upacara, saya menyempatkan diri ke sini, ikut foto juga sebagai kenang-kenangan,” ujar Wahyu, warga Banda Aceh kepada URI.co.id sesuai upacara HUT ke-72 RI di Blang Padang, Kamis (17/8/2017).

Tidak hanya kalangan dewasa, anak-anak juga tampak senang berfoto ria di samping pasukan pengawal.

Anak-anak juga ikut berfoto

Anak-anak juga ikut berfoto (URI.co.id/Ini Kisah Pasukan Pengawal Tiang Bendera yang Jadi Objek Foto Warga)

“Untuk kenang-kenangan saja, kelak siapa tahu anak saya juga bisa jadi seperti ini nanti,” kata Dina, ibu yang ikut membawa dua anaknya berfoto di samping pasukan pengawal tiang bendera.

Empat personel gabungan TNI/Polri ini memang harus selalu siaga menjaga tiang bendera dari hal-hal yang tak diinginkan. Mereka menempati posisi di empat penjuru mengelilingi tiang bendera di depan podium utama Lapangan Blang Padang.

Tak peduli sengatan panas, Bahkan saat hujan turun sekitar pukul 12.00 WIB, mereka tetap berdiri siaga mengawal Merah Putih dari berbagai ancaman dan gangguan hingga Merah Putih siap untuk diturunkan kembali pada sore hari. (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id