Mapala FISIP Unsyiah-Aceh Tracker Daki Puncak Tertinggi Pulau Weh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mapala FISIP Unsyiah-Aceh Tracker Daki Puncak Tertinggi Pulau Weh

Mapala FISIP Unsyiah-Aceh Tracker Daki Puncak Tertinggi Pulau Weh
Foto Mapala FISIP Unsyiah-Aceh Tracker Daki Puncak Tertinggi Pulau Weh

URI.co.id, BANDA ACEH – Lima pendaki muda terbaik Aceh, saat ini sedang melakukan penjelajahan untuk menaklukkan dua puncak tertinggi di Pulau Weh.

Dua Puncak Tertinggi di Pulau Weh tersebut yakni Puncak Gunung Cot Kulam dengan ketinggian 617mdpl dan Puncak Gunung Sarongkris dengan ketinggian 571 mdpl.

Pendakian itu dalam rangka memperingati 12 Tahun Perdamaian Aceh pasca penandatanganan MoU Helsinki antara Pemerintah RI dengan GAM.

Tim yang terdiri atas Aceh Tracker dan Mapala Pintu Rimba FISIP Unsyiah itu akan melakukan misinya selama empat hari, 13-16 Agustus 2017.

Mereka dibagi dalam 2 Tim yang terdiri atas Tim Eksplorasi (Tango Everest) yang akan melakukan pendakian, mereka yaitu Rizki (27) sebagai Ketua Tim sekaligus navigator, Rolly Martan (26), Fajri Rizki atau Kingok (25), Alkautsar (26) dan Zikrillah (22) yang merupakan anggota Mapala Pintu Rimba FISIP UNSYIAH.

Kemudian juga terdapat Tim Pendukung (Tango Peutsagoe) yang memonitor pergerakan Tim selama ekspedisi yang dipimpin langsung oleh Pawang/Ketua Aceh Tracker, Sayyid Murthaza Almahdaly (32) dan didukung oleh Nailul Autar (38) sebagai Unit D-Track (Unit Rescue Aceh Tracker ).

Sekjen Aceh Tracker, Uun Fajaruna mengatakan, Ekspedisi itu merupakan bagian dari JELAJAH PUNCAK ACEH (JAPAKEH) XI 2017 dengan tema “The 12th Commemoration Memorandum of Understanding between RI-GAM For The Better Aceh in The Future (2005, August 15 – 2017, August 15)”.

Ia menyebutkan, sebelumnya Tim Aceh Tracker berhasil mencapai Puncak Goh Cumoh (684,6 mdpl) yang merupakan daratan tertinggi di Pulau Breueh, Pulo Aceh.

Tim Ekspedisi JAPAKEH XI 2017 akan memulai pendakian dari Gampong Pria Laot, Kecamatan Sukakarya, Sabang.
Humas Aceh Tracker, Wardhana mengatakan, Program Ekspedisi JAPAKEH Aceh Tracker Tahap Pertama (2012-2022), mentargetkan 100 Puncak Gunung di Aceh yang tersebar di 15 kawasan kabupaten/kota di Aceh.

Kegiatan ini telah dilaksanakan di wilayah pegunungan Aceh Besar, Pidie, Bireun, Aceh Timur, Gayo Lues dan Aceh Tamiang. Saat ini Aceh Tracker melakukan pendakian bersama UKM-PA JEMPA FE UNSAM dan UKM-PA Material FT Unsam. (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id