Irwansyah Dilantik Jadi Anggota DPRA dari PNA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Irwansyah Dilantik Jadi Anggota DPRA dari PNA

Irwansyah Dilantik Jadi Anggota DPRA dari PNA
Foto Irwansyah Dilantik Jadi Anggota DPRA dari PNA

* Gantikan Darwati A Gani

BANDA ACEH – Irwansyah alias Tgk Muksalmina dilantik sebagai anggota DPRA dari Partai Nasional Aceh sekarang berubah Partai Nanggroe Aceh (PNA) sisa masa jabatan 2014-2019 menggantikan Darwati A Gani yang menjadi first lady. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Ketua DPRA, Tgk Muharuddin di ruang paripurna Gedung DPRA, Selasa (15/8).

Amatan Serambi, Irwansyah yang juga mantan ketua PNA ini tampak menggenakan pakaian adat Aceh warna hitam lengkap dengan peci hitam dan songket. Pelantikan tersebut juga disaksikan oleh istrinya, Jesica Novera dan tiga anaknya, Muhammad Khalid, Nazila Raihana, dan Jihan Fahira serta ibunya, Zulaikha.

Sebelum digelar sidang paripurna istimewa PAW anggota DPRA dari PNA, pimpinan DPRA terlebih dahulu menggelar sidang paripurna istimewa terkait penetapan rancangan qanun (raqan) inisiatif DPRA tentang Hak Keuangan dan Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRA. Sidang tersebut juga dihadiri Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.

Sekedar informasi, Darwati A Gani terpilih sebagai anggota DPRA dari PNA setelah meraih suara terbanyak pada Pileg 2014 dari daerah pemilihan (Dapil) I, Banda Aceh, Aceh Besar, dan Sabang. Tapi, istri Irwandi Yusuf mengundurkan diri dari jabatan wakil rakyat karena memilih mendampingi suaminya yang terpilih sebagai Gubernur Aceh pada Pilkada lalu.

Sebagai penggantinya di parlemen, partai menunjuk Irwansyah selaku pemegang suara terbanyak kedua dari dapil I. Irwansyah dilantik berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor SK 161.11-3447 tertanggal 18 Juli 2017 terkait Pergantian Antarwaktu (PAW) Darwati A Gani dengan Irwansyah alias Muksalmina.

Seusai melantik dan mengambil sumpah, Ketua DPRA, Tgk Muharuddin menyampaikan bahwa tugas DPRA ke depan semakin berat. “Kepada saudara agar menyesuaikan diri dan saya berharap sebagai anggota baru agar saudara memperkuat kinerja dewan agar dapat menumbuhkan citra positif dari masyarakat terhadap lembaga DPRA,” katanya.

Sebelum dilakukan prosesi pelantikan Irwansyah, Darwati A Gani menggunakan kesempatan terakhirnya untuk berbicara sebagai anggota DPRA dalam rapat paripurna. Dia menyampaikan rasa terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRA atas kebersamaan yang terjalin selama ini dan meminta maaf kepada konstituennya, khususnya kaum perempuan di dapil I.

“Saya belajar banyak di sini, mengerti bagaimana sistem anggaran dan belajar politik selain guru politik saya Bapak Irwandi Yususf. Dalam kesempatan ini saya juga mohon maaf dan mohon pamit kepada konstituen saya kaum perempuan yang ada di wilayah Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang karena saya tidak bisa mengakhiri sampai 5 tahun masa jabatan,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Aceh ini menjelaskan ada dua tugas berat yang selama ini diembannya yaitu, sebagai anggota DPRA dan sebagai istri Irwandi Yusuf selaku Gubernur Aceh. Di antara dua tugas tersebut, Darwati telah memilih untuk melepas salah satunya.

“Kalau tugas sebagai anggota DPRA bisa saya serah terimakan kepada orang lain, tapi tugas sebagai istri mendampingi Pak Irwandi tidak bisa saya serah terimakan kepada orang lain. Tapi saya berkomitmen untuk terus bekerja bagi masyarakat dan di bidang sosial walaupun saya tidak lagi sebagai anggota DPR,” pungkasnya yang disambut gelak tawa anggota dewan dan tamu undangan.(mas) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id