“Bobrok PDAM jangan Ditimpakan ke Pelanggan” | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

“Bobrok PDAM jangan Ditimpakan ke Pelanggan”

“Bobrok PDAM jangan Ditimpakan ke Pelanggan”
Foto “Bobrok PDAM jangan Ditimpakan ke Pelanggan”

PERMASALAHAN yang dihadapi PDAM Tirta Daroy, menurut anggota DPRK Banda Aceh, Mukminan lebih disebabkan karena ketidakmampuan manajemen mengendalikan kehilangan air yang mencapai 40 persen sehingga berdampak langsung pada los pendapatan hampir setengah dari jumlah air yang diproduksi.

Menurut Mukminan, ada dua penyebab kehilangan air (los pendapatan) PDAM Tirta Daroy yaitu kehilangan komersial akibat ketidakakuratan meter pelanggan dan kehilangan secara fisik akibat kebocoran teknis seperti kebocoran jaringan pipa dan penyambungan ilegal.

Dikatakan Mukminan, kehilangan air baik kehilangan secara komersil maupun fisik secara langsung menyulitkan PDAM dari segi biaya operasional karena penghasilan yang diterima tidak sebanding dengan jumlah air yang diproduksi.

“Seperti pernah diakui sendiri oleh Dirut PDAM Tirta Daroy kepada pers, air yang diproduksi mencapai 70.000 kubik/hari. Dari jumlah itu terjadi kehilangan mencapai 40 persen atau sekitar 30.000 kubik,” kata Mukminan.

Mukminan juga mengutip hasil audit kinerja penyediaan air bersih PDAM Tirta Daroy tahun 2013 dan 2014 oleh BPK, di mana tingkat kehilangan mencapai 46 persen. “Ini menunjukkan tidak ada usaha dari PDAM untuk menghilangkan los pendapatan. Ironisnya, ketika terjadi kesulitan biaya operasional, langsung diwacanakan kenaikan tarif. Harusnya, kebobrokan akibat ketidakmampuan PDAM memaksimalkan pendapatan jangan dibebankan kepada pelanggan,” demikian Mukminan.(nas) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id