52 Calon Komisioner KIA Ikuti Tes Akademik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

52 Calon Komisioner KIA Ikuti Tes Akademik

  • Reporter:
  • Selasa, Maret 22, 2016
Foto 52 Calon Komisioner KIA Ikuti Tes Akademik

BANDA ACEH – Sebanyak 52 peserta calon komisioner Komisi Informasi Aceh (KIA) mengikuti tes akademik, Senin (21/3) di Aula Lantai III Gedung Dishubkomintel Aceh, Banda Aceh. Wakil Ketua panitia seleksi (Pansel) KIA, Drs Baharuddin AR MSi yang didampingi Anggota Pansel, Raihal Fajri mengatakan, tes tahap kedua itu menguji kemampuan peserta seputar transparansi informasi publik.

“Waktu yang kami berikan 105 menit. Peserta menjawab 100 soal pilihan ganda (choice) UU transparansi informasi publik dan kearifan lokal,” ujar Baharuddin, seraya menyebut peserta yang layak mengikuti tes tulis itu 53 orang, namun satu orang tidak hadir dan dinyatakan gugur.

Menurutnya, dari jumlah 52 peserta yang mengikuti tes itu selanjutnya akan menyusut setengahnya, yang bakal diumumkan pada 31 Maret mendatang. “Mereka yang dinyatakan lulus tes akademik akan mengikuti tahapan ketiga, yaitu wawancara dan psikotes. Kami telah bekerja sama dengan Psikodista untuk mengadakan psikotes seminggu setelah pengumuman tes tulis,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, panitia seleksi juga melibatkan masyarakat Aceh dalam melihat rekam jejak calon komisioner nantinya. Calon komisioner harus melewati tahapan psikotes, dan presentasi di hadapan Gubernur Aceh dan DPRA. “Masyarakat diharapkan memantau track record calon komisioner ini. Sebab para calon yang dipilih nantinya dipastikan tidak cacat sosial,” kata dia.

Baharuddin menambahkan, dalam menyeleksi calon komisioner, pihaknya tetap melihat keterwakilan unsur yaitu pemerintahan, akademisi, LSM, Pers, dan perempuan. “Pada seleksi kali ini, peserta perempuan berjumlah delapan orang,” tandasnya. (fit) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id