Peringatan Damai, Pukul Rapai, Hingga Foto Bersama | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Peringatan Damai, Pukul Rapai, Hingga Foto Bersama

Peringatan Damai, Pukul Rapai, Hingga Foto Bersama
Foto Peringatan Damai, Pukul Rapai, Hingga Foto Bersama

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Saban tahun, tepatnya setiap 15 Agustus, Pemerintah Aceh selalu menggelar peringatan perjanjian damai antara RI dengan GAM.

Sebuah perjanjian yang disepakati bersama dalam Memorandum of Understanding (MoU) di Helsinki, 2005 silam, guna mengakhiri konflik berkepanjangan di Aceh.

Tahun ini, perdamaian Aceh memasuki usia 12 tahun, telah lebih dari satu dekade. Seperti biasa, acara peringatan kembali digelar, mengundang sejumlah pihak, dan merefleksi kembali sejarah perdamaian yang telah terwujud.

Selasa (15/8/2017) hari ini, acara seremonial peringatan perdamaian digelar di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh. Kegiatan itu dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh, para Kepala SKPA, pimpinan DPRA, serta PNS di lingkungan Pemerintah Aceh.

Amatan Serambinews.com, acara peringatan perdamaian kali ini, tak ubahnya seperti tahun sebelumnya. Hanya ada sambutan, pemutaran film, dan diselingi penampilan kesenian.

Hal itu juga diakui oleh salah seorang aggota tim perunding perdamaian RI dengan GAM, Munawar Liza. “Momentum ini pantas kita peringati, karena ini hari lahirnya perdamaian di Aceh. Cuma saya melihat, peringatan ini sangat normatif dan seremonial,” katanya.

Ia mengatakan, dalam acara hanya ada orang-orang duduk mendengar sambutan, kemudian pukul rapai, hingga foto bersama. “Sesudah itu selesai, sama sekali tidak membekas pada masyarakat,” sebut mantan wali kota Sabang itu.

Seharusnya kata Munawar, ada kegiatan yang mengajak masyarakat Aceh untuk terus merawat dan memupuk perdamaian.

“Jadi, jangan sekedar duduk, pukul rapai, lalu foto bersama. Padahal, tujuan dari peringatan ini adalah menamamkan ruh dan spirit perdamaian untuk seluruh generasi di Aceh,” pungkasnya. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id