PSBL Utamakan Potensi Lokal | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PSBL Utamakan Potensi Lokal

  • Reporter:
  • Selasa, Maret 22, 2016
Foto PSBL Utamakan Potensi Lokal

LANGSA – Tuntuntan suporter setia PSBL Langsa, Brutal kepada ketua umum guna memprioritaskan pelatih dan pemain lokal untuk mengikuti Indonesia Soccer Champions (ISC) Serie B 2016, mendapat dukungan luas.

“Sudah waktunya, ketua umum dan pengurus PSBL Langsa memanfaatkan potensi lokal. Berilah kepercayaan kepada mereka. Sebab, ini akan menjadi kesempatan terbaik guna mengembangkan karir pelatih serta pemain lokal kita,” ungkap mantan pemain PSBL Langsa 90-an, Cicik Abdullah kepada Serambi petang kemarin.

Menurutnya, potensi pelatih lokal yang dimiliki Langsa saat ini, tidak jauh bagus dari juru latih yang akan didatangkan dari luar ataupun Pulau Jawa. Apalagi, selama ini, mereka juga sudah punya pengalaman ketika menjadi asisten pelatih dari sejumlah arsitek yang pernah menangani Elang Biru–julukan PSBL–.

Momentum ISC, lanjutnya, perlu disambut positif pengurus. Karena, sistem dari kompetisi tersebut tidak menganut sistem promosi dan degradasi. Sehingga, para pelatih lokal tak begitu terbeban saat mengarungi ketatnya pertandingan. Di mana, mereka nantinya dapat menimba ilmu, dan pengalaman selama mengikuti ISC.

“Kalau kita tak pernah berani memakai jasa pelatih lokal, kapan pengurus mau mempergunakannya. Ini waktu yang pas bagi pengurus untuk memakai para pelatih lokal. Kita pun harus percaya dengan potensi kita sendiri,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Cicik juga menyoroti, dari segi pendanaan lebih hemat dibandingkan dengan mengontrak pelatih luar Langsa. Tentu saja kehadiran pelatih luar tersebut belum juga menjamin prestasi Elang Biru. Bahkan, bisa jadi, prestasi PSBL hancur di tangan mereka.

Mengenai materi pemain, dia kembali menegaskan, talenta punggawa lokal Langsa juga mumpuni. Buktinya, selama bertanding di divisi utama, mereka sudah memberikan permainan terbaik. Tentunya, para pemain lokal dananya lebih hemat dibandingkan membawa orang luar. “Secara pribadi, sudah saatnya kita ikut memberikan dukungan dan support kepada pemain atau pelatih lokal Langsa,” ujarnya.

Mantan manajer PSBL, M Zulfri mengharapkan pengurus memaksimalkan potensi lokal dalam pembentukan tim untuk mengikuti ISC tersebut. Menurutnya, ajang ISC ini menjadi kesempatan bagi pemain maupun pelatih lokal mengembangkan karir sekaligus menambah pengalaman.

“Jadi tidak ada salahnya jika pengurus memanfaatkan potensi lokal tersebut. Karena, kualitas mereka tak kalah jauh bagusnya dengan orang luar daerah. Bahkan, dengan kemampuan lokal sudah berhasil membawa prestasi PSBL pada musim 2013-2014 lalu,” ungkapnya.

Bahkan, jika dilihat dari segi positif lainnya, tambahnya, dengan keuangan sekarang sedang tidak baik, sangat menguntungkan kalau memanfaatkan pemain lokal Langsa. “Kita dari KONI meminta pengurus memaksimalkan potensi lokal, dan ini bentuk dukungan KONI untuk perkembangan olahraga di Kota Langsa,” kata Zulfri yang juga Ketua Umum KONI Langsa.(zb) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id