Cut Meurah Yeni Raih Doktor di FK Unpad | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Cut Meurah Yeni Raih Doktor di FK Unpad

Cut Meurah Yeni Raih Doktor di FK Unpad
Foto Cut Meurah Yeni Raih Doktor di FK Unpad

* Lulus Cum Laude

BANDA ACEH – Dokter Cut Meurah Yeni SpOG-(K), Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK Unsyiah), dinyatakan lulus oleh para pengujinya dalam ujian terbuka program doktoral di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) Gedung Eijmank Bandung, Senin (14/8).

Akademisi kelahiran Kuala Simpang, 24 Juli 1965 ini memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,0 dan dinyatakan lulus dengan pujian (cum laude) setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul: Peran Kurkumin terhadap Kadar Malondialdehyde, Soluble FMS-like Tyrosine Kinase, Plasental Growth Factor dan Rasio sFlt-1/PIGF pada Sel Endotel Tali Pusar Manusia yang Diinduksi Serum Preeclampsia.

Dalam disertasinya itu, Cut Meurah Yeni menyebutkan bahwa preeklampsia masih merupakan penyebab utama mordibitas dan mortalitas (kematian), baik maternal maupun perinatal (sesaat sebelum dan sesudah kelahiran).

Angka kejadian preeklampsia, menurut peneliti, sampai saat ini masih tinggi dan penatalaksanaannya pun belum optimal. Hal ini disebabkan etiologi dan patofisiologi preeklampsia belum diketahui secara pasti.

Penelitian Cut Meurah ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan MDA, sFlt-1, PIGF, dan rasio sFlt-1/PIGF secara in vitro pada lini sel HUVEC yang diinduksi preeklampsia, serta untuk menganalisi pengaruh pemberian kurkumin terhadap kadar MDA,sFlt-1, PIGF, dan rasio sFlt-1/PIGF.

Dari penelitian yang dilakukan Cut Meurah di Laboratorium Genetika Molukuler dan Kultur Sel Fakultas Kedokteran Unpad itu disimpulkan bahwa kurkumin dapat menurunkan kadar MDA, sFlt-1, dan rasio sFlt-1/PIGF, meningkatkan kadar PIGF pada lini sel HUVEC, serta perubahannya dipengaruhi oleh konsentrasi dan jenis serum. “Hal ini membuktikan bahwa kurkumin berpotensi sebagai alternatif terapi pada lini sel HUVEC yang diinduksi dengan serum preeklampsia,” simpul jebolan Program Spesialis Obgyn Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara ini.

Sidang terbuka Cut Meurah Yeni kemarin dihadiri pihak keluarga dan sejumlah koleganya dari FK Unsyiah. Di antaranya Dekan FK Dr dr Maimun Sykri SpPD, Dr dr Mohd Andalas SpOG, dan dr Nurnikmah (Wakil Direktur RSUZA Banda Aceh).

Kolega sekaligus senior Cut Meurah, Dr Mohd Andalas SpOG mengharapkan semoga ilmu yang dimiliki Cut Meurah Yeni bermanfaat bagi pengembangan khazanah keilmuan dan pelayanan bidang kesehatan ibu di Aceh. (dik) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id