UIN Ar Raniry Wisudakan 967 Lulusan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

UIN Ar Raniry Wisudakan 967 Lulusan

Foto UIN Ar Raniry Wisudakan 967 Lulusan

* Jangan Jadi Pengemis Intelektual

BANDA ACEH – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh mewisudakan 967 lulusan semester ganjil 2015/2016 di Auditorium Prof Ali Hasjmy di kampus tersebut, Senin dan Selasa (21-22/3). Prosesi wisuda dilakukan oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA bersama civitas akademika kampus tersebut.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr H Muhibbuthabry MAg dalam sambutannya merincikan ke 967 lulusan tersebut berasal dari berbagai jurusan di kampus itu. Delapan orang dengan gelar Doktor (S3) berasal dari Program Pascasarjana, 69 orang dengan gelar Magister Agama Islam, dan 827 lulusan dari enam fakultas.

“165 orang berasal dari Fakultas Syari’ah dan Hukum, 316 orang dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 64 orang dari Fakultas Ushuluddin dan Fisafat, 122 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 133 orang dari Fakultas Adab dan Humaniora (115 orang S1 dan 18 orang D3 Ilmu Perpustakaan), dan 45 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,” katanya.

Dari semua lulusan tersebut, katanya, sepuluh orang di antaranya berhasil meraih predikat kelulusan terpuji (cumlaude). Mereka adalah Putri Munawarah, Siti Munzahrita, Islahul Umam, Qurrata A’yuni, Nurul Fajri, Muhammad Rizal, Siti Saleha, Nanda Mursyida, Putia Agustina, dan Cut Silvia Rahmita.

Muhibbuthabry mengatakan, dengan wisuda kemarin, UIN Ar Raniry telah menghasilkan 32 orang Doktor Agama Islam (S3), 1.052 orang Magister Agama Islam (S2), 24.791 orang sarjana strata satu (S1), 523 orang Ahli Madya (D-3) dalam bidang Ilmu Perpustakaan, dan 2.377 orang Ahli Muda (D-2) Program Studi GPAI dan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI).

Rektor UIN Ar Raniry, Prof Farid Wajdi Ibrahim MA dalam sambutannya mengatakan bahwa 80 persen generasi muda Aceh suka menghabiskan waktu dengan duduk di warung kopi (warkop). Dia mengajak semua generasi Aceh untuk terus meningkatkan pendidikannya setinggi mungkin.

“Di dunia ini hanya di Aceh 80 persen generasi muda duduk di café siang dan malam. Ini musibah yang lebih besar dari bom atom,” katanya di hadapan para lulusan. Karena itu Farid Wajdi mengharapkan para lulusan agar tidak menjadi pengemis intelektual dan menghabiskan waktu sia-sia tanpa berbuat untuk pengembangan diri yang lebih baik dan berguna untuk dirinya dan daerah.

Dalam acara wisuda itu Rektor UIN Ar Raniry itu juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) dan BNNP Aceh. Kerja sama itu dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pencegahan narkoba bagi mahasiswa dan pegawai di lingkungan UIN Ar-Raniry.

Penandatangan naskah kerja sama dengan Pemkab Abdya dilakukan oleh Rektor UIN Ar-Raniry Prof Farid Wajdi Ibrahim MA dengan Bupati Abdya, Ir Jufri Hasanuddin MM disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Abdya, Drs Yusnaidi MPd. Sedangkan penandatangan naskah kerja sama dengan BNNP Aceh ditandatangai oleh Rektor UIN Ar-Raniry dengan Kepala BNNP Aceh Drs Armensyah Thay dan disaksikan oleh Kepala Pencegahan, Dr Khairan MSi.(mas) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id