Mualem: Semua Anggota Dewan PA akan Dites Urine | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mualem: Semua Anggota Dewan PA akan Dites Urine

Mualem: Semua Anggota Dewan PA akan Dites Urine
Foto Mualem: Semua Anggota Dewan PA akan Dites Urine

BANDA ACEH – Ketua Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA-PA), Muzakir Manaf atau Mualem menegaskan, PA akan melakukan tes urine semua anggota dewannya, baik yang di DPRA maupun DPRK semua kabupaten/kota. Tes urine itu akan segera dilakukan dalam waktu dekat dan semua anggota dewan PA wajib mengikutinya.

Hal itu dinyatakan Mualem menanggapi kasus Ja (37), Anggota DPRA dari Fraksi PA yang baru-baru ini dibekuk polisi karena sedang menikmati narkoba jenis sabu-sabu bersama tiga rekannya di kawasan Desa Paleuh Blang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Akibat perbuatannya itu, saat ini Ja bersama rekannya harus mendekam di balik jeruji besi, menanti proses hukum.

“Kita akan melakukan tes urine semua anggota dewan dari PA. Siapa pun yang terbukti terlibat narkoba nantinya, kita tidak segan-segan mengambil tindakan tegas,” kata Mualem saat diwawancarai Serambi, Minggu (13/8).

Ditanya kapan ter urine itu akan dilakukan dan bagaimana teknisnya, Mualem mengatakan, nanti pihak partai akan membicarakan lebih lanjut terkait itu. Mualem menegaskan, tes urine itu dilakukan untuk memastikan bahwa semua wakil rakyat dari PA bebas dari penggunaan barang haram tersebut. “Saat ini kita masih ada urusan sedikit, yang jelas ini akan segera kita lakukan,” ujarnya.

Terkait kasus Ja, Mualem menegaskan bahwa PA sama sekali tidak menolerir setiap anggota yang terlibat narkoba, menurutnya, apa yang dilakukan oleh Ja adalah kesalahan fatal. Oleh sebab itu, PA akan segera mengambil sikap dan keputusan untuk Ja. “Saya tegaskan bahwa kita tidak tolerir anggota DPRA atau DPRK dari PA yang begitu, jauh-jauh hari kita sudah sampaikan amaran (peringatan),” sebutnya.

Ditanya apakah partai akan menjatuhkan sanksi berupa Pergantian Antarwaktu (PAW) terhadap Ja, atau bahkan akan memecatnya dari partai? Mualem belum bisa memastikan hal itu. Ia akan melakukan musyawarah lebih dulu di internal partai.

“Saat ini belum ada kesepakatan, ya mungkin kita ambil keputusan seperti itu. Kita akan duduk lagi, dan akan memanggil yang bersangkutan. Yang jelas, kita tidak tolerir dan sudah memberi peringatan keras soal narkoba,” kata Mualem.

Untuk Pileg Legislatif (Pileg) 2019, Mualem juga menyebutkan, PA akan membuat aturan tegas, di mana akan membuat perjanjian dengan semua calon anggota legislatif (DPRA atau DPRK) untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, juga akan dilakukan tes urine dan memberi peringatan keras kepada semua calon. “Siapa pun yang terlibat kita akan mengambil tindakan tegas,” sebut Mualem.

Mantan wakil gubernur ini juga mengatakan, selama ini dalam setiap kesempatan ia selalu mengingatkan semua kader untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Begitupun kepada masyarakat, Mualem juga tak bosan-bosan mengampanyekan antinarkoba. “Narkoba itu musuh bangsa, ia membunuh generasi kita, karena dia musuh bangsa tentunya juga musuh kita bersama,” pungkas Mualem. (dan) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id