Lempar Empat Status di Facebook, Irwandi Singgung Masalah Proyek dan Peringatkan ULP, Ada Apa? | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lempar Empat Status di Facebook, Irwandi Singgung Masalah Proyek dan Peringatkan ULP, Ada Apa?

Lempar Empat Status di Facebook, Irwandi Singgung Masalah Proyek dan Peringatkan ULP, Ada Apa?
Foto Lempar Empat Status di Facebook, Irwandi Singgung Masalah Proyek dan Peringatkan ULP, Ada Apa?

URI.co.id, BANDA ACEH – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Minggu (13/8/2017) mengunggah empat status terkait persoalan proyek.

Keempat status ini diunggah Irwandi secara beruntun di laman Facebooknya, dalam waktu kurang dari dua jam, dimulai pada pukul 13.14 WIB. Pada status terakhir yang diunggah pukul 14.09 WIB, Irwandi memberikan keterangan lokasi singgah di Blangkejeren, Gayo Lues.

Sebelum mengunggah empat status terkait masalah proyek, melalui laman Facebooknya, Irwandi Yusuf menayangkan dua kali siaran langsung pagelaran Tari Saman Massal dari Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues.

Baca: Irwandi: Saman Kebudayaan Gayo yang Kini Dimiliki Dunia

Setelahnya, pada pukul 13.41 WIB, akun Facebook Irwandi mulai mengunggah status pertama yang menyinggung tentang kepemimpinan, pertemanan, dan proyek.

Status dalam bahasa Aceh itu berbunyi “TUGAIH PEUMIMPIN KON JAK PEUMEUNANG PROYEK RAKAN. Geutanyoe tameurakan kon karena proyek tapi karena saban pakat peumakmu rakyat.

Status FB Irwandi-4

Status FB Irwandi-4 (Facebook)

Jika diterjemahkan secara bebas, kalimat tersebut merupakan sebuah pernyataan dari Irwandi yang menegaskan bahwa tugas pemimpin bukan untuk memenangkan proyek rekan-rekannya. Kita berteman bukan karena proyek, tapi karena memiliki tujuan yang sama yaitu memakmurkan rakyat.

Hingga pukul Senin dinihari, status ini sudah 208 kali dibagikan, 2.100 tanggapan, dan 329 komentar.

Kebanyakan netizen menyatakan sependapat dan setuju dengan pernyataan Irwandi. Namun, ada pula yang mempertanyakan dan menduga-duga maksud di sebalik status Irwandi ini.

Baca: Gubernur Irwandi Yusuf Hampir Saja Masuk Penjara Gara-gara Masalah Ini

Tujuh menit berselang, tepatnya pukul 13.48 Wib, Irwandi kembali melemparkan status tentang proyek. Kali ini, sang Gubernur menulis dalam huruf kapital: “PEJABAT DARI BERBAGAI INSTANSI PEMERINTAH HARUS MENGHILANGKAN KEBIASAAN KAPLINGAN PROYEK PADA PEMERINTAH ACEH.”

Status FB Irwandi-3

Status FB Irwandi-3 (Facebook)

Seakan Irwandi memperingatkan jajarannya untuk menghilangkan budaya kapling-kapling proyek di hampir semua instansi pemerintahan di Aceh.

Status kedua ini mendapatkan 1.300 lebih tanggapan, 84 kali dibagikan dan 125 komentar. Banyak netizen kembali mendukung pernyataan Irwandi, namun mereka meragukan ini akan terlaksana.

Hek geuh manteng geumeusu bak fesbuk. Pejabat meu email tan. Tayue peumate komputer, kabel geukoh. (Capek aja bersuara di facebook. Pejabat email saja tidak punya. Disuruh matikan komputer, malah kabelnya yang dipotong),” tulis salah satu netizen pada kolom komentar.

Status ketiga diunggah Irwandi Yusuf pada pukul 13.51 WIB. Kali ini, Irwandi memperingatkan ULP untuk berhati-hati dan menegakkan aturan, terutama dalam tender proyek.

Status FB Irwandi-2

Status FB Irwandi-2 (Facebook)

“FAIR PROCUREMENT ATAU TENDER YANG FAIR HARUS TEGAK DI ACEH. SUDAH MASANYA PARASIT TENDER DIBASMI. ULP HATI-HATI,” tulis Irwandi dalam huruf kapital dengan latar belakang merah menyala.

Status ketiga Irwandi ini pun kembali jadi pembicaraan hangat. Hingga Senin dinihari telah menuai 1.200 tanggapan, 153 kali dibagikan, dan 195 komentar.

Ada netizen yang menyarankan agar Irwandi beraksi menindak jajarannya yang nakal, sehingga menjadi contoh bagi yang lain. Ada juga menyampaikan harapan agar semua intansi mematuhi peraturan.

Seorang netizen bahkan menulis tanggapan yang cukup jelas dan lugas terkait kondisi pelayanan di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Aceh.

“Mohon maaf sebesar-besarnya pak, saya hanya ingin share aja bhw walaupun tender itu sdh lewat online tp ternyata praktekx sdh diatur dulu internal utk memenangkan si calon kontraktor dgn mempersiapkan dokumen2 tender dimana pihak lawan sdh dipastikan sulit utk memenuhi persyaratan tender tsb. Selanjutnya baru ditayangkan lelangnya secara online…..dan ini yg susah dibasmi. Semoga Bapak Irwandi Yusuf trs diberi kesehatan kekuatan dan keberanian oleh Allah SWT utk membangun sistem yang benar.”

Tanggapan ini kemudian mendapatkan setidaknya 10 tanggapan lain yang rata- rata mendukung pendapat tersebut. “Ia benar sekali rahasia yang sdh tdk rahasia lagi. Belum lagi klo mengatasnamakan orangnya bupati atau orangnya gubernur krn waktu pilkada mereka pendukung garis depan,” tulis salah satu netizen.

“Hampir Di Setiap Kab/Kot bahkan di Tinglkat Prop Aceh budaya itu Sudah Tren ..Dan Budaya itu Bahasa keren nya “Proyek Balas Budi” timpal netizen lain.

Baca: Di Tengah Kesibukan, Irwandi Tunaikan Shalat di Moscow Cathedral Mosque

Terakhir, pada pukul 14.09 WIB, Irwandi menuliskan status yang lebih singkat dari dua status sebelumnya.

Meski masih dalam huruf kapital, namun status terakhir ini memberi kesan lebih sejuk, karena diunggah pada latar belakang berwarna biru dengan gambar pohon dan pasir.

Status FB Irwandi-1

Status FB Irwandi-1 (Facebook)

“SEMUA ORANG PUNYA HAK DAN KEWAJIBAN YANG SAMA DI DEPAN TENDER.” Demikian bunyi status yang sudah mendapatkan 1.400 lebih tanggapan, 55 kali dibagikan, dan 165 komentar.

Empat status Gubernur Irwandi Yusuf yang menyinggung persoalan seputar proyek dan memperingatkan jajaran Unit Layanan Pengadaan (ULP) ini menjadi topik yang hangat dibicarakan sejumlah kalangan.

Ada yang menduga, status ini ditulis Irwandi Yusuf menanggapi beberapa status yang menyorot dan mengait-ngaitkan sejumlah orang dekat Irwandi dengan proyek pada dinas-dinas tertentu.

Namun ada pula yang menduga status ini sengaja ditulis Irwandi untuk memancing reaksi dan tanggapan dari warganet.

Bagaimana menurut Anda? (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id