Dokter Saraf RSUZA Kunjungi Serambi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dokter Saraf RSUZA Kunjungi Serambi

Dokter Saraf RSUZA Kunjungi Serambi
Foto Dokter Saraf RSUZA Kunjungi Serambi

BANDA ACEH – Dokter spesialis saraf Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh mengunjungi Kantor Harian Serambi Indonesia, Meunasah Manyang, Pagar Air, Aceh Besar, Jumat (11/8). Dalam kunjungan itu hadir dua spesialis saraf, Dr dr Dessy Rakhmawati Emril SpS(K) dan Dr dr Endang Mutiawati SpS(K).

Dalam kunjungan itu, mereka disambut Pemimpin Umum Serambi Indonesia H Sjamsul Kahar, Pemimpin Perusahaan Mohd Din, Sekretaris Redaksi Bukhari M Ali, Manajer Iklan Hari Teguh Patria dan sejumlah wartawan.

Di Kantor Serambi, Dr Dessy memaparkan jika minggu depan mereka akan menggelar pertemuan dokter yaitu Forum Of Intervensional Neuro Musculoskeletal Pain Management (FINO-PAIN) 2017 di Banda Aceh. Pertemuan itu akan membahas sejumlah permasalahan maupun saling menukar ilmu terkait neurologi, termasuk manajemen pain.

Ia menyebutkan, Pertemuan itu akan menghadirkan pemateri dari dalam dan luar negeri. Mereka merupakan dokter spesialis berpengalaman dari Singapura, Taiwan, Jakarta, Semarang, serta Banda Aceh.

Dr Dessy menambahkan, saat ini sangat banyak pasien gangguan syaraf dengan keluhan nyeri. Bahkan jika dilihat pada pasien yang mendatangi poli neurologi RSUZA, sekitar 70 persen merupakan pasien dengan keluhan nyeri. Rata-rata mereka datang dengan keluhan punggung bawah.

Ia menjelaskan, ada beberapa cara untuk penanganan pasien saraf atau pasien nyeri itu, misalnya dengan memberi obat dan fisioterapi. Kemudian melakukan manajemen intervensi minimal, metode ini akan dibantu oleh teknologi medis, C-Arm di Oka Hybrid, alat ini dapat menjadi ‘mata’ dokter dalam menempatkan jarum pada posisi target. Terakhir, penanganan dilakukan dengan cara bedah atau operasi.(Penjelasan mengenai teknologi C-Arm di Oka Hybrid dapat dibaca di Harian Serambi Indonesia, edisi besok).(mun) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id