Pajak Sumber APBN Terbesar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pajak Sumber APBN Terbesar

Pajak Sumber APBN Terbesar
Foto Pajak Sumber APBN Terbesar

* Disampaikan Menkeu dalam Kuliah Umum ‘Pajak Bertutur’

BANDA ACEH – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani meminta mahasiswa mempelajari dan memahami soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Menurutnya, tiga pembiayaan negara terbesar bersumber APBN, yaitu dari penerimaan perpajakan Rp 1.498 triliun, penerimaan negara bukan pajak Rp 250 triliun, dan hibah Rp 1,4 triliun.

Sri Mulyani menyampaikan hal ini dalam kuliah umum ‘Pajak Bertutur’ secara live streaming yang serentak di seluruh Indonesia, Jumat (11/8). Di Banda Aceh, live streaming dilaksanakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Aceh ini berlangsung di Universitas Muhammadiyah (Unmuha), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), dan SMK Banda Aceh.

“Pembangunan di Indonesia dari APBN sebesar 75 persennya ditopang dari pajak. APBN itu milik anda semuanya yang menerima dan menikmati belanjanya juga masyarakat,” kata Sri Mulyani.

Ia menambahkan sejak Indonesia merdeka hingga kini, jumlah insfrastruktur di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara setara Indonesia.

Kuliah umum via live streaming sekitar pukul 14.00-16.00 WIB di Unmuha juga dihadiri Plh Kakanwil DJP Aceh, Amir Fauzi, Wakil Rektor I Unmuha Banda Aceh, sejumlah civitas akademika, dan mahasiswa kampus setempat.

Di Bener Meriah
Sementara itu, di Bener Meriah, Program Pajak Bertutur ini dilaksanakan pihak Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Rimba Raya bekerja sama SMA Negeri Unggul Binaan di sekolah tersebut. Acara diawali pembukaan oleh Sumardjo, perwakilan SMA Negeri Unggul Binaan. Ia mengatakan edukasi sejak dini perlu dilakukan sebagai upaya mewujudkan nilai-nilai kesadaran pajak.

Sedangkan Kepala KP2KP Rimba Raya, Ali Murtopo dalam sambutannya kembali menekankan kepada para siswa dan siswi terhadap pentingnya edukasi perpajakan bagi generasi muda. “Pengetahuan perpajakan adalah hal penting untuk diketahui setiap warga negara, terutama adik-adik sekalian selaku calon wajib pajak di masa depan” ujarnya.

Indra Hidayat, selaku pengajar pada kegiatan Pajak Bertutur menegaskan bahwa proporsi pajak yang dominan membuktikan bahwa pajak adalah tulang punggung pembangunan negara. (una/sal) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id