Rendah, Partisipasi Imunisasi Bayi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rendah, Partisipasi Imunisasi Bayi

Rendah, Partisipasi Imunisasi Bayi
Foto Rendah, Partisipasi Imunisasi Bayi

LANGSA – Tingkat partisipasi ibu-ibu melakukan imunisasi terhadap balitanya ke Posyandu di wilayah Kecamatan Langsa Kota masih sangat rendah. Ini dapat dilihat dari pencapaian jumlah sasaran imunisasi balita hingga bulan Juli 2017 yang baru sekitar 45 persen. “Jumlah sasaran balita yang terdata di Puskesmas Langsa Kota untuk imunisasi sebanyak 8.630. Namun, hingga bulan Juli baru sekitar 4.394 atau sekitar 45 persen lebih balita yang mendapat imunisasi,” kata Kapuskesmas Langsa Kota dr T Chik M Iqbal F MKes kepada Serambi, Jumat (11/8).

T Chik M Iqbal menyontohkan seperti pencapaian Gampong Meutia, dari 310 sasaran balita dan 62 bayi, yang hadir hanya sekitar 20 persen ke Posyandu untuk mendapatkan imunisasi tersebut. Padahal, selama ini puskesmas setiap seminggu sekali membuka Posyandu bagi warganya tanpa biaya apa pun.

“Rendahnya kesadaran ibu-ibu ini menjadi kendala, sehingga tidak semua bayi dan balita mendapatkan imunisasi. Jika tidak diimunisasi, anak akan rentan terhadap penyakit seperti polio, tuberkulosis, campak, dan tumbuh kembangnya anak itu sendiri,” ujarnya.

Selain mendapat imunisasi, sebut Kaspuskesmas Langsa Kota, pada posyandu terintegritas ini petugas dari puskesmas juga akan melakukan penyuluhan tentang imunisasi dan kesehatan pertumbuhan bayi kepada para ibu-ibu, bahkan juga disediakan suntik KB bagi mereka.

Selama ini terdapat 10 gampong di dalam wilayah Kecamatan Langsa Kota yang merupakan gampong binaan Puskesmas Langsa Kota. Pihaknya berharap ibu-ibu yang memiliki bayi hingga balita rutin membawa anaknya ke Posyandu di gampongnya masing-masing.

“Kita mengimbau kepada kaum ibu peduli terhadap pertumbuhan anak-anak mereka dengan membawa bayi atau balitanya itu rutin seminggu sekali ke Posyandu untuk diimunisasi. Peran pihak gampong juga dibutuhkan untuk menggugah kesadaran warganya itu,” imbuh dr T Chik. (zb) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id