Gubernur Lepas Peserta Tri Lomba Juang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur Lepas Peserta Tri Lomba Juang

Gubernur Lepas Peserta Tri Lomba Juang
Foto Gubernur Lepas Peserta Tri Lomba Juang

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Sabtu (12/8) malam ini akan melepas peserta lomba gerak jalan 45 Km Tri Lomba Juang, dari pelataran parkir Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. 30 regu akan ambil bagian dalam gerak jalan memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI itu.

Ketua Seksi Perlombaan dan Karnaval HUT RI, Musri Idris SE MSi mengatakan, dalam rangkaian HUT RI seksi perlombaan mengagendakan lima kegiatan. Yang telah dilaksanakan adalah gerak jalan 8 Km dan 17 Km. Untuk 8 Km pesertanya SD dan SMP sederajat. Sedangkan nomor 17 Km diikuti siswi SMA sederajat. “Untuk nomor 8 Km dan 17 Km sudah kami gelar 8 Agustus lalu. Untuk nomor 45 Km akan dilakukan besok malam (malam ini, red),” tandas Musri.

Sementara untuk dua nomor lainnya yaitu karnaval mobil hias dan pawai budaya akan dilaksanakan 18 Agustus mendatang atau sehari setelah perayaan Kemerdekaan RI.

Didampingi Ir Syaifullah MSi, Kabid Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga, Musri Idris menambahkan, untuk nomor 45 Km regu yang terlibat selain dari siswa SMA sederajat, juga melibatkan TNI/Polri, instansi dan perguruan tinggi, resimen mahasiswa, jagawana, polhut/salpol PP, serta kelompok masyarakat.

“Karena jarak tempuhnya lumayan jauh, maka peserta yang dilibatkan juga orang-orang yang memiliki ketahanan fisik lebih baik. Peserta nantinya akan memulai start di Stadion Harapan Bangsa dan finish di tempat yang sama.

Dirincikan, setiap regunya berkekuatan 45 peserta dengan cadangan 10 orang. Para peserta nantinya akan menyusuri jalan-jalan di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dengan menempuh rute yang telah ditentukan panitia. Kepada peserta juga diwajibkan mematuhi aturan serta menggunakan pakaian yang telah ditentukan.

Untuk pertukaran personel, kata Kadispora Aceh itu hanya dilakukan di pos yang telah ditentukan panitia yaitu di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Di pos itu juga panitia akan menyiapkan logistik seperti air minum. “Kepada para peserta juga dianjurkan menyanyikan lagu-lagu patriotisme,” jelas Musri.

Ditambahkan, untuk menentukan pemenangnya panitia juga memiliki empat kriteria penilaian. yaitu kedisiplinan, kerapian, keindahan, dan ciri khas. “Dari empat kriteria itu, yang memiliki nilai tertinggi akan terpilih sebagai juara,” pungkas Musri.(aji) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id