Pijay Rekrut Dokter Umum | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pijay Rekrut Dokter Umum

Pijay Rekrut Dokter Umum
Foto Pijay Rekrut Dokter Umum

* Plus Empat Dokter Gigi

MEUREUDU – Akibat jumlah dokter yang masih minim di Pidie Jaya (Pijay), Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat terhitung akhir Agustus hingga awal September 2017 membuka peluang untuk penerimaan tenaga dokter umum sebanyak 26 orang plus empat dokter gigi.

Kepala Dinas Kesehatan Pijay H Said Abdullah SH MKM kepada Serambi, Jumat (11/8) mengatakan, Pijay sebetulnya sudah lama membutuhkan dokter umum dan dokter gigi, namun dikarenakan belum adanya kepastian sumber gaji mereka, maka kran penerimaan pun ditunda.

“Usulan dana insentif di APBK-P yang telah diajukan, khususnya untuk jasa para dokter, alhamdulillah disetujui. Kami berharap dokter yang berminat untuk mendaftarkan diri,” jelasnya.

Direncanakan, pembukaan penerimaan dokter umum dan gigi tersebut dilakukan mulai akhir Agutus hingga awal September mendatang. Peluang diberikan kepada putra daerah maupun luar daerah. Jika lulus, mereka akan dibuat SK kontrak dengan pemerintah daerah. Diperkirakan jasa medis yang hendak dibayar untuk para dokter yang direkrut dan ditempatkan di 11 Puskemas dalam delapan kecamatan itu dengan kisaran antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta plus klaim jasa BPJS para pasien yang berobat.

Yang jelas, kata Said Abdullah, usulan dana insentif yang telah diajukan dalam APBK-P 2017 ini mendapat restu legislatif. “Saya yakin, dengan jelasnya finansial, maka dokter umum dan gigi akan terisi dengan sendirinya,” jelasnya.

Seperti diketahui, Jumlah dokter umum di Kabupaten Pidie Jaya masih belum ideal dengan ketentuan rasio World Health Organization (WHO). Setiap dokter menjangkau 2.500 penduduk. Hingga saat ini jumlah dokter umum di Pidie Jaya sebanyak 37 orang, sementara jumlah penduduk mencapai 158.094 jiwa. “Ini tentunya belum ideal berdasarkan ketentuan rasio WHO dan diperlukan penambahan sesuai dengan kebijakan daerah nantinya,”sebutnya.

Dijelaskan, dari 37 dokter yang dimiliki saat ini, 11 di antaranya menjalani tugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pijay. Sisanya 26 dokter menjalani tugas di 11 Puskesmas yang tersebar di delapan kecamatan dalam Kabupaten Pijay.

Jadi, bila dikalkulasikan berdasarkan perbandingan ketentuan rasio WHO, maka Pijay membutuhkan tenaga medis setingkat dokter umum sebanyak 26 orang lagi agar dapat menjangkau pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Pijay yang mendiami 222 gampong.(c43)

kebutuhan dokter

* Putra daerah atau luar daerah
* Jadwal rekrut:Akhir Agustus-Awal September
* Formasi: 26 orang dokter umum, 4 orang dokter gigi
* Gaji per bulan berkisar Rp 1,5-2 juta.
* Dapat tunjangan medis sesuai klaim jasa BPJS pasien yang berobat (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id