Pesona Bungara Danau yang Tembus ke Samudra | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pesona Bungara Danau yang Tembus ke Samudra

Pesona Bungara Danau yang Tembus ke Samudra
Foto Pesona Bungara Danau yang Tembus ke Samudra

HAMPARAN air tenang berwarna biru, hanya terganggu riak kecil  tamparan tangan bocah-bocah yang asik bermain sepanjang waktu. Melepas pandangan ke tengah danau pulau-pulau kecil menyembul di atas permukaan air.

Itulah pandangan pertama yang mempesona mata ketika tiba di Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil, siang itu.

Di sekelilingnya  tumbuhan sawit serta perbukitan seolah oasis di tengah terik matahari.

Menikmati panorama alam danau cukup duduk di pinggir sambil berteduh di bawah pohon sawit.

Bisa juga naik perahu dayung milik warga sekitar berkeliling mengitari gugusan pulau. Bagi yang hobi mancing tidak salah mencoba. Ikan nila, emas dan lele siap menyambar umpan.

Eit jangan kaget bila tiba-tiba mata pancing disambar ikan hiu. Ya Danau Bungara, menawarkan sensai keindahan alam dibalut kisah unik.

Walau airnya tawar namun di sana pemancing kerap mendapatkan ikan laut.

Selain mempesona danau tempat puluhan kepala keluarga mencari nafkah itu menyimpan misteri anah tapi nyata yang terus terjadi sampai saat ini. Mulai dari adanya pulau bergerak hingga dipercaya danau yang dikelilingi Desa Danau Bungara, Lentong, Butar dan Lapahan Buaya itu, tembus ke dasar samudra.

“Sampai sekarang warga yang mencari ikan masih mendapat ikan laut. Walau ukurannya kecil paling sebesar dua jari tangan,” kata Mugi Kepala Desa Danau Bungara.

Warga percaya danau seluas 85,6 hektar di dasarnya terdapat lubang tembus ke laut di sekitar Anak Laut Gosong Telaga, Singkil Utara, yang berjarak kira-kira 50 kilometer.

Kisahnya bermula ketika seorang warga sedang membuat perahu di salah satu bukit di dekat danau perahunya jatuh.

Selang tiga hari kemudian perahu itu ditemukan di Anak Laut Gosong Telaga, Singkil Utara. Saksi mata cerita ini sudah tidak ada lagi, tapi hampir semua warga mengetahui kisah tersebut.   

Belum ada penduduk setempat mencoba menyelam mencari gua atau lubang penghubung Danau Bungara dengan samudra yang berjarak puluhan kilometer.

Namun pernah ada tim peneliti dari Banda Aceh, yang mengungkapkan di salah satu sudut dasar danau ditemukan semacam lubang besar.

“Lubang atau gua ini mungkin saja tembus ke laut, karena kalau laut pasang air danau bertambah, walau rasanya tetap tawar,” kata Mugi.

Dari Singkil, ibu kota Aceh Singkil, ke Danau Bungara bisa ditempuh kendaraan roda dua maupun empat, sekitar sejam setengah perjalanan. Sementara dari Rimo, Gunung Meriah, cukup sejama.

Letak danau berada di tengah pemukiman penduduk sehingga tidak perlu khawatir tersesat datang ke sana.

Panorama alami Danau Bungara sangat mempesona plus cerita melegenda yang diketahui hampir semua penduduk di sana.

Sayang belum banyak yang mengetahui. Agar diketahui khalayak ramai warga setempat berinisiatif menggelar Festival Danau Bungara pada 16 sampai 17 Agustus mendatang.

Festival diisi dengan lomba mengayuh bungki (mendayung perahu). Pesertanya terbuka untuk umum boleh ikut dari mana saja.

Yuk nikmati panorama keindahan alam Danau Bungara, sambil menyaksikan lomba mengayuh bungki.(Pesona Bungara Danau yang Tembus ke Samudra)

  (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id