Bireuen Pilot Project JKA Plus | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bireuen Pilot Project JKA Plus

Bireuen Pilot Project JKA Plus
Foto Bireuen Pilot Project JKA Plus

* Dinyatakan Gubernur Saat Lantik Bupati

BIREUEN – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf meminta Bupati Bireuen yang baru ia lantik, H Saifannur SSos, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama di RSUD dr Fauziah Bireuen yang merupakan rumah sakit regional. Ia juga menyebut Bireuen sebagai pilot project Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Plus dan program ini harus sukses sesuai harapan.

“Bireuen salah satu kabupaten yang sudah ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan program JKA Plus. Saya minta Pak Bupati untuk membenahi Rumah Sakit Bireuen sebagai pilot project JKA Plus,” ujarnya dalam pidato sambutan seusai melantik H Saifannur SSos dan Dr H Muzakkar A Gani MSi masing-masing sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bireuen periode 2017-2022 di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Kamis (10/8). Pelantikan itu berlangsung dalam Sidang Istimewa DPRK Bireuen.

Secara teknis Irwandi menyebutkan, untuk menyukseskan program JKA Plus di Bireuen, maka fasilitas di RSUD dr Fauziah dapat dikembangkan, sarana pendukungnya ditambah atau dibeli peralatan yang canggih, maupun ditambah dokter ahli. Ini menjadi sangat penting agar pilot project JKA Plus sukses sesuai harapan bersama.

Meracuni masyarakat
Di bagian lain pidatonya, Gubernur Irwandi menyerukan agar Balai Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh menangkap orang-orang atau pelaku usaha yang menggunakan bahan pengawet berupa boraks, formalin, dan sejenisnya di dalam makanan dan minuman. “Pemakaian bahan pengawet dalam makanan sama halnya dengan meracuni masyarakat,” imbuhnya.

Para pemakai boraks dan formalin dalam bahan makanan dan minuman, diminta Irwandi segera berhenti, karena tindakan tersebut sangat merugikan konsumen. Apalagi ia juga telah meminta BPOM untuk segera menyelidiki, apabila kedapatan maka pelakunya akan ditangkap dan diproses secara hukum.

“Jangan ada yang mengaku keluarga saya agar tidak diproses atau mendapat keringanan hukuman karena memakai bahan pengawet yang membahayakan kesehatan masyarakat,” ujar pria kelahiran Bireuen itu.

Irwandi menambahkan, jajaran kesehatan juga telah dimintanya untuk segera turun ke lapangan meneliti kemungkinan adanya pemakaian bahan pengawet dalam makanan, mengingat bahan pengawet adalah racun yang sangat membayakan kesehatan. “Saya minta para bupati/wali kota untuk segera bertindak terhadap pengguna boraks dan formalin dalam makanan,” ujar dokter hewan ini.

Irwandi juga menyebut bahwa Bireuen memiliki potensi di berbagai sektor, mulai dari sawah, pariwisata, maupun sektor lainya. Ia minta bupati dan wakilnya mengembangkan optimal seluruh potensi itu.

Gubernur Irwandi juga menyatakan, tahun depan bea balik nama kendaraan motor diturunkan dari 13 persen menjdi 9 persen.

Amatan Serambi, pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati dan Wakil Bupati Bireuen kemarin berlangsung khidmat. Para mantan bupati Bireuen, Drs H Hamdani Raden, Drs Mustafa A Glanggang serta wakilnya De H Amiruddin Idris ikut hadir dalam prosesi penting itu. Sedangkan mantan bupati Nurdin Abdul Rahman tidak kelihatan, tapi wakilnya, Drs Busmadar Ismail, hadir.

Para mantan bupati dan wakil bupati duduk di belakang deretan Gubernur Aceh dan Wali Nanggroe, Malik Mahmud. Sedangkan Ruslan M Daud dan Ir Mukhtar MSi duduk berjejer dengan Saifannur dan Muzakkar A Gani.

Para ulama juga hadir, antara lain Abu Tumin, Tgk Usman Kuta Krueng, Tgk Nuruzzahri atau Waled Nu, Abu Sofyan, Tgk Mustafa Paloh Gadeng, Abu Mudi Samalanga, dan sejumlah ulama lainnya. Prosesi pelantikan kemarin dipimpin Ketua DPRK Bireuen, Ridwan Muhammad MSi. Sebelum sidang dimulai, para undangan dari berbagai kalangan memasuki gedung Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen mendapat pengawalan ketat.

Prosesi pengambilan sumpah berjalan lancar, kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan dan diakhiri dengan makan bersama di rumah H Saifanur SSos. Sebagian undangan justru makan bersama di Kantor DPD II Golkar Bireuen, partai pengusung Saifannur-Muzakkar. (yus/c38) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id