Pra-PORA Sepakbola Sediakan 6 Tiket | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pra-PORA Sepakbola Sediakan 6 Tiket

  • Reporter:
  • Jumat, Agustus 11, 2017
Pra-PORA Sepakbola Sediakan 6 Tiket
Foto Pra-PORA Sepakbola Sediakan 6 Tiket

* Tuan Rumah dan Juara Bertahan Lolos Langsung

BANDA ACEH – Sebanyak 21 kabupaten/kota akan bertanding pada babak prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) cabang sepakbola tahun ini. Mereka nanti memperebutkan 6 tiket PORA XII/2018 di Aceh Besar. Sedangkan, dua tiket lainnya sudah menjadi milik juara bertahan yaitu Kabupaten Pidie dan tuan rumah Aceh Besar yang lolos langsung ke multieven empat tahunan tersebut.

Ketua Umum Asprov PSSI Aceh, Adly Tjalok, mengatakan, Pra-PORA sepakbola dijadwalkan bergulir 14-21 September mendatang dengan format dua putaran. Putaran pertama, sebutnya, diadakan di empat kota untuk menentukan delapan tim yang lolos ke putaran kedua.

“Putaran kedua akan kita adakan di Banda Aceh. Delapan tim yang dibagi dalam dua grup itu akan bertanding dengan sistem kompetisi penuh. Tiga peringkat teratas masing-masing grup lolos ke PORA 2018,” jelasnya didampingi Sekum Khaidir TM kepada Serambi, sore kemarin.

Berdasarkan regulasi PSSI dan manual Pra-PORA, sebut Adly, pemain yang boleh bertanding adalah warga Aceh yang dibuktikan dengan KTP elektronik (e-KTP). Selain itu, pemain juga harus berusia di bawah 20 tahun atau maksimal kelahiran 1 Januari 1997 dan berstatus pemain amatir.

“Jadi, pemain yang pernah memperkuat tim profesional seperti Persiraja atau PSBL Langsa, tidak diperkenankan bermain di Pra-PORA. Mengenai keabsahan pemain, kami akan bersikap tegas dan ketat agar spirit sportivitas dan fair-play tetap terjaga,” tegasnya.
Khaidir menambahkan, sesuai peraturan KONI Aceh, hanya delapan tim yang boleh tampil di PORA 2018. “Dari delapan slot tersebut, dua tiket sudah menjadi milik tuan rumah Aceh Besar dan juara bertahan Pidie. Ini sesuai regulasi PSSI,” ujarnya. Ditegaskan, kebijakan lolos langsung bagi tuan rumah dan juara bertahan itu akan berlaku untuk PORA di masa-masa mendatang.

Untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pra-PORA cabang sepakbola, Kamis (10/8), PSSI Aceh menggelar workshop di ruang rapat KONI Aceh. Sebanyak 20 kabupaten/kota ikut kegiatan yang fokus utama membahas soal regulasi dan aturan pertandingan di Pra-PORA nanti.

Asprov PSSI Aceh sudah menetapkan empat kota sebagai tuan rumah putaran pertama Pra-PORA cabang sepakbola tahun 2017. “Keempat kota itu adalah Langsa, Lhokseumawe, Sabang, dan Banda Aceh,” sebut Khaidir TM. Bahkan, menurutnya, keempat kota itu sudah mempresentasikan dan menandatangani surat pernyataan kesanggupan mereka di depan peserta workshop, kemarin.

Sebelum ditunjuk sebagai tuan rumah, tambah Khaidir, keempat kota itu terlebih dulu mengajukan proposal ke PSSI Aceh. “Usai menerima proposal permohonan sebagai tuan rumah, tim PSSI Aceh turun ke lapangan untuk memverifikasi kesiapan mereka, mulai dari kelayakan stadion, hotel atau penginapan, hingga sarana transportasi. Dari hasil verifikasi, keempat kota itu kami nilai layak dan mampu menjadi tuan rumah,” pungkasnya.(pon) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id