Biasakan Amal Saleh Agar Timbul Keikhlasan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Biasakan Amal Saleh Agar Timbul Keikhlasan

Biasakan Amal Saleh Agar Timbul Keikhlasan
Foto Biasakan Amal Saleh Agar Timbul Keikhlasan

IKHLAS merupakan salah satu ruh ibadah serta segala amal saleh dan kebaikan yang dikerjakan seorang muslim dalam mengabdi kepada Sang Khaliq. Jika tidak ada ikhlas dalam hati, maka setiap ibadah yang dilakukan akan sia-sia dan tidak akan bernilai.

Ustaz Fahmi Sofyan Lc, MA mengatakan, tingkatan keikhlasan dalam beribadah tidak bisa diraih dengan mudah. Sifat ikhlas ini baru akan timbul jika seseorang melaksanakan ibadah secara rutin dan disiplin, sesuai dengan perintah Allah SWT dan tuntunan Rasul-Nya.

“Tidak bisa kita merasa ikhlas jika kita tidak terbiasa dengan suatu ibadah, seperti shalat berjamaah, sedekah atau membaca Alquran. Mari kita biasakan ibadah dan amal saleh untuk menimbulkan keikhlasan, bukan sebaliknya ikhlas dulu baru beribadah. Tidak mungkin itu,” ujar Dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry ini, saat mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) Rabu (9/8) malam.

Ia mengumpamakan seseorang yang rela duduk berjam-jam menghabiskan waktu di warung kopi dengan nyaman sangat ikhlas, karena itu sudah menjadi kebiasaan. Juga sama halnya dengan orang yang rela nonton bola pada tengah malam karena sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan, sehingga jika tidak dilakukan tidak akan merasa tenang.

“Sama halnya seperti orang yang terbiasa minum kopi dan merokok tiap hari. Satu hari tidak minum kopi dan merokok, sakit kepalanya dan tidak nyaman karena sudah menjadi kebutuhan hidup. Begitu juga dengan ibadah, jika sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan, maka sekali saja kita tinggal shalat berjamaah sudah susah dan tidak tenang. Kebiasaan secara terus menerus seperti ini akan membawa kepada keikhlasan dalam mengerjakannya,” ungkapnya.

Dai kondang ini menambahkan, agar suatu amal ibadah itu bisa menjadi kebiasaan hingga rutin dikerjakan, tentu harus diawali dengan tekad yang kuat dengan penuh kesabaran hingga mencapai 40 hari.

“Untuk biasakan ikhlas harus sabar. Pergi ke masjid sabar untuk shalat berjamaah meski lelah sedikit, lama-lama akan bisa ridha. Biasakan 40 hari shalat berjamaah, sedekah, baca Alquran, berzikir, duduk di masjid dan ibadah lainya. Paksa diri sedikit supaya muncul ikhlas. Lalu hari ke 41 sudah muncul ridha dan lahirlah ikhlas,” jelasnya seraya menambahkan semua itu harus diawali dengan niat pantang menyerah.

Ustaz Fahmi Sofyan menambahkan, ikhlas adalah sebuah rahasia yang hanya diketahui oleh manusia pelaku amal saleh dan Allah Swt saja. Tiada yang tahu selain keduanya, bahkan malaikat pencatat amal maupun setan penggoda manusia juga tidak tahu.

Ikhlas adalah dedikasi tulus demi mencari ridha Allah Swt, terbebas dari noda, keburukan dan niat jahat. Siapa yang beramal disertai dengan niat dan keinginan mencari tujuan selain Allah Swt. maka amalnya akan gugur dan ia tidak akan mendapat balasan apapun dari Allah Yang Maha Pemurah.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT sangat jelas memerintahkan untuk ikhlas beribadah hanya semata-mata karena-Nya, sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Bayyinah ayat 5 yang artinya: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan (ikhlas) kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus”.(nal/*) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id