Lelang Mobil Walkot Tuntas | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lelang Mobil Walkot Tuntas

Lelang Mobil Walkot Tuntas
Foto Lelang Mobil Walkot Tuntas

* Harga Rp 1,067 M

* Jenis Toyota Vellfire

LHOKSEUMAWE – Meski sempat mendapat penolakan dan tertunda dua kali, akhirnya proses pelelangan mobil dinas wali kota (walkot) Lhokseumawe tuntas dilaksanakan. Panitia lelang telah mengumumkan kalau PT Dunia Barusa sebagai pemenang dengan nilai penawaran Rp 1,067 miliar, dengan jenis mobil Toyota Vellfire.

Sebagaimana diketahui, dalam APBK Tahun 2017 Kota Lhokseumawe, tersedia anggaran Rp 1,3 miliar untuk pengadaan mobil dinas baru untuk wali kota Lhokseumawe. Awalnya, pengadaan ini sempat menimbulkan kontra dari berbagai kalangan, baik dari intern dewan sendiri ataupun dari unsur LSM dan mahasiswa. Protes yang diajukan berbagai kalangan tersebut dikarenakan kondisi keuangan Pemko Lhokseumawe yang sedang devisit. Sehingga para pengkritik menyarankan agar anggaran tahun 2017 itu seharusnya lebih diprioritaskan dulu untuk hal-hal yang lebih penting, bukan untuk pengadaan mobil dinas baru walkot.

Namun, masukan dan kritikan dari berbagai kalangan itu, ternyata tidak mengubah keinginan dari Pemko Lhokseumawe untuk tetap membeli mobil dinas baru bagi wali kota pada tahun 2017 ini. Hal tersebut dibuktikan dengan tetap dilakukannya pengadaan mobil itu lewat proses pelelangan.

Pengumuman lelang awalnya ditayang di LPSE Kota Lhokseumawe pada 13 Juni 2017. Namun hingga memasuki masa akhir penawaran yakni 16 Juni, tak ada perusahaan yang ikut. Sehingga pada 17 Juni kembali dibuka untuk kedua kalinya, tapi lagi-lagi nihil peminat. Sehingga pelelangan dilakukan untuk ketiga kalinya pada pertengahan Juli lalu.

Kabag Pelayanan dan Pengadaan Barang Setdako Lhokseumawe, Tri Hariyadi, Kamis (10/8), menyebutkan, saat pelelangan yang ketiga kalinya tersebut, ada 10 perusahaan yang mendaftar. Sehingga setelah melalui berbagai proses sesuai mekanisme pelelangan, pihaknya pun memutuskan PT Dunia Barusa sebagai pemenang dengan nilai penawaran sebsar Rp 1,067 miliar.

Sedangkan mobil yang akan terbeli dengan nilai paket tersebut adalah Toyota Vellfire. “Jadi, sekarang ini pihak Pemko hanya menunggu mobil tersebut sampai di Lhokseumawe. Meskipun dari pihak rekanan menyatakan mobil itu baru bisa dipasok ke Lhokseumawe empat bulan ke depan atau sekitar bulan November nanti,” pungkas Tri.

Sementara itu, Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), Afian menyebutkan, dalam hal pengadaan mobil dinas walkot kali ini, pihaknya tidak berbicara dari segi regulasi, tapi dari segi etika. Dengan kondisi keuangan Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe sekarang ini dalam kondisi krisis, seharusnya dana tersebut lebih baik digunakan dulu ke hal yang lebih penting dan pro-rakyat. “Tapi kenyataannya, meskipun keuangan krisis, pengadaan mobil tetap dilaksanakan dengan harga yang cukup fantastis pula. Ini telah menimbulkan kesan ingin bermewah-mewah dibalik keterpurukan keuangan daerah. Jadi, kami tetap meminta agar pengadaan mobil tersebut untuk dibatalkan pada tahun ini,” tegas Alfian.(bah) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id