Peserta Funbike dan Funwalk Banjiri Takengon | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Peserta Funbike dan Funwalk Banjiri Takengon

Foto Peserta Funbike dan Funwalk Banjiri Takengon

* Pegawai Honorer Dapat Sepmor

TAKENGON – Sedikitnya 4.500 peserta sepeda dan jalan santai (funbike dan funwalk) membanjiri ruas-ruas jalan utama Takengon, Aceh Tengah, Minggu (20/3). Mereka dengan penuh semangat meramaikan dua even dalam rangka HUT Ke-439 Kota Takengon itu.

Tingginya antusiasme warga mengikuti kegiatan tercermin dari membeludaknya kumpulan massa saat start dan finish di areal Gedung Kir Takengon. Gedung kir kendaraan milik Dinas Perhubungan Aceh Tengah itu terletak di Paya Ilang, Kecamatan Bebesen.

Bahkan satu jam sebelum pelepasan, para peserta telah memadati ruas jalan Paya Ilang. Berbagai lapisan masyarakat tumpah ruah ke jalan untuk mengikuti kegiatan itu.

Tepat pukul 08.00 WIB, peserta sepeda santai dilepas Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs H Khairul Asmara, didampingi Ketua DPRK, Muchsin Hasan, Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din, Kapolres Aceh Tengah, AKBP Dodi Rahmawan, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Arm Ferry Ismail, Asisten I, Mursid, dan perwakilan Bank Aceh.

Sedangkan pelepasan peserta jalan santai dilakukan Ketua DPRK Aceh Tengah, Muchsin Hasan. Jalan santai, bukan hanya diikuti masyarakat di daerah itu, tetapi juga anggota Forkopimda setempat. Mereka berbaur dengan masyarakat berjalan kaki mengitari kota Takengon.

Kegembiraan tergambar dari gurat wajah para peserta yang ikut di even tersebut, meskipun jarak yang ditempuh lumayan jauh. Peserta sepeda santai harus menempuh sekitar 10 km, mulai dari Gedung Kir Paya Ilang ke Jalan Yos Sudarso, Rumah Sakit, Jalan Bireuen-Takengon, Jalan Soekarno-Hatta dan finish di Gedung Kir. Sedangkan peserta jalan santai menempuh jarak 3,7 km dengan start dan finish juga di Kompleks Gedung Kir Paya Ilang.

Amatan Serambi, para peserta jalan santai, saling bercengkrama satu sama lain. Ada juga saling canda, sehingga meskipun jarak tempuh yang lumayan jauh menjadi tak terasa. “Oh nggak apa-apa, kalau kita jalan sama-sama seperti ini, kan tidak terasa capek. Malah semakin meriah,” kata Wabup Khairul Asmara saat ditanya Serambi soal jarak tempuh jalan santai yang mencapai 3,7 km. Setelah hampir satu jam lebih, mengitari kota Takengon, para peserta sepeda maupun jalan santai tiba di garis finish, Kompleks Gedung Kir Paya Ilang.

Sembari menunggu proses pembagian doorprize, para peserta menikmati snack (kudapan) yang telah disediakan panitia. Sebelum pembagian doorprize, Kadisbudparpora Subhan Sahara melaporkan pelaksanaan kegiatan sepeda dan jalan santai.

“Antusiasme masyarakat cukup tinggi. Ribuan orang memadati kompleks Gedung Kir. Itu artinya, masyarakat membutuhkan even-even seperti ini. Lebih dari 4.300 peserta ikut ambil bagian,” kata Subhan.

Menariknya, peserta yang mengikuti even ini, bukan hanya dari kalangan masyarakat Takengon, Aceh Tengah, tapi juga dari sejumlah daerah di Aceh. Bahkan, ada beberapa orang dari Padang, Sumbar.

“Sepeda dan jalan santai ini merupakan kali kedua dilaksanakan dalam rangka HUT Takengon, bekerja sama dengan Serambi Indonesia.” Setelah menyampaikan laporan, dilanjutkan dengan sambutan Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs Khairul Asmara. Sebelum memulai sambutan, Khairul Asmara sempat mengajak para peserta mengucapkan yel-yel kota Takengon. “Kalau saya bilang Gayo, mohon peserta menjawab dengan sebutan belangi pedeh (sangat cantik),” ajak Khairul disambut peserta dengan teriakan belangi.

Menurut Khairul, pihaknya mengapresi masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan sepeda santai dan jalan santai. Apalagi, pesertanya ribuan orang, sehingga terlihat kemeriahan dalam rangka HUT Ke-439 Takengon. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Harian Serambi Indonesia sebagai penyelenggara serta para pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini,” ujarnya.

Seusai Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara menyampaikan sambutan, dilanjutkan dengan pembagian hadiah doorprize. Ribuan peserta deg-degan dan harap-harap cemas. Satu per satu peserta yang beruntung naik ke atas panggung mengambil beragam hadiah.

Kegiatan sepeda dan jalan santai dalam rangka HUT Takengon itu merupakan hasil kerja sama antara Pemkab Aceh Tengah dengan Harian Serambi Indonesia. Kegiatan ini didukung sejumlah pihak, di antaranya, Bank Aceh Cabang Takengon, KNPI Aceh Tengah, Dinas Cipta Karya, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dishub, RSU Datu Beru, Polres Aceh Tengah, dan sejumlah pihak lainnya.

Sementara itu, Arifuddin (26), warga Jalan Alfitrah, Kampung Keramat Mupakat, Takengon, berhasil memboyong satu sepeda motor (sepmor) yang menjadi hadiah utama kegiatan sepeda dan jalan santai tersebut. Kupon dengan nomor 0133 menjadi angka keberuntungan bagi Arif, panggilan akrab Arifuddin.

Arifuddin merupakan peserta sepeda santai yang berprofesi sebagai pegawai honorer di RSU Muyang Kute, Bener Meriah. Tapi ia berdomisili di Jalan Al Fitrah, Kampung Keramat Mufakat, Takengon. “Saya hanya memegang satu kupon saja. Awalnya membeli tiga lembar, tapi saya bagi untuk adik satu-satu. Meski satu kupon, tapi beruntung dapat sepeda motor,” sebutnya.

Menurut Arif, ia tak menyangka bisa beruntung mendapatkan hadiah utama satu sepmor. “Alhamdudulillah, bisa saya gunakan untuk pergi kerja ke Bener Meriah. Yang pasti, manfaatnya akan sangat besar,” pungkas Arifuddin. (my) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id