SPBU Simpang Jam Terbakar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

SPBU Simpang Jam Terbakar

SPBU Simpang Jam Terbakar
Foto SPBU Simpang Jam Terbakar

BANDA ACEH – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan Simpang Jam, Banda Aceh, Rabu (9/8) sekitar pukul 19.45 WIB terbakar hebat. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran SPBU milik Muslim Johan, warga Gampong Ateuk Jawo, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh yang diwariskan kepada Mahfud itu.

Namun, peristiwa itu menyebabkan empat unit pompa pengisian minyak serta atap dan sebagian konstruksi SPBU itu hangus dilalap si jago merah.

Informasi yang diperoleh Serambi, api pertama kali muncul dari pompa pengisian minyak yang berada di sisi kiri ujung SPBU itu. Tepatnya di pompa nomor 4 yang digunakan untuk pengisian BBM ke sepeda motor.

Lalu, api merembes ke pompa pengisian lainnya, masing-masing pompa nomor 3 dan 4 serta pompa pengisian nomor 1. Hal itu terjadi akibat penguapan. Kebakaran itu sempat menimbulkan kepanikan. Pasalnya SPBU tersebut berada di sisi ruas utama Jalan Teuku Umar yang mengarah ke Jalan Sultan Iskandar Muda serta ke Pendapa Gubernur Aceh. Apalagi ledakan sempat terdengar di bagian lantai bawah SPBU itu.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin SH, mengatakan, berdasarkan keterangan petugas SPBU, api pertama kali terlihat muncul dari pompa pengisian nomor 4 dan merembes ke pompa nomor 3, 4, dan terakhir di pompa nomor 1.

Api akhirnya mampu dipadamkan sekitar pukul 20.20 WIB setelah delapan armada dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan dua dari pemadam Aceh Besar dikerahkan ke lokasi.

Kapolsek Baiturrahman, AKP Ferdi Dekio SIK, menjelaskan para pekerja di SPBU sempat berupaya memadamkan api pada saat pertama muncul dari pompa nomor 4, menggunakan alat pemadam api ringan (apar) atau racun api yang tersedia di SPBU tersebut. Namun, alat yang digunakan itu tidak memadai, sehingga api menjalar ke bagian pompa pengisian lainnya.

Masyarakat yang padat melintas di jalur tersebut dan melihat kejadian itu langsung menghubungi DPKP Kota Banda Aceh dan delapan mobil pemadam dari posko induk DPKP Kota Banda Aceh ditambah dua unit armada pemadam dari Aceh Besar tiba di lokasi plus satu unit ambulans P2KK Aceh ikut dikerahkan ke lokasi. “Pemadaman turut dibantu petugas kepolisian dari Polsek Baiturrahman dan Polresta serta Polda Aceh. Lalu ikut prajurit Kodim 0101/BS, Koramil Baiturrahman, serta relawan RAPI Kota Banda Aceh yang ikut mengatur kelancaran lalu lintas di sekitar area lokasi kebakaran,” sebut Ferdi. (mir) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id