Mitra Binaan Pertamina: Kelompok Serumpun Berhasil Budidayakan Jamur Tiram Organik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mitra Binaan Pertamina: Kelompok Serumpun Berhasil Budidayakan Jamur Tiram Organik

Mitra Binaan Pertamina: Kelompok Serumpun Berhasil Budidayakan Jamur Tiram Organik
Foto Mitra Binaan Pertamina: Kelompok Serumpun Berhasil Budidayakan Jamur Tiram Organik

ACEH TAMIANG – Usaha bisa dimulai kapan saja, di mana saja dan siapa saja tanpa pandang bulu. Salah satunya kelompok budidaya satu ini. Karena tak ingin bepangku tangan menunggu bantuan pemerintah, mereka membuka peluang usaha dengan budidaya jamur tiram dan pembuatan baglog. Kelompok Serumpun di Kampung Suka Ramai- 1, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang ini, mulai menjalankan bisnisnya dengan beberapa orang saja. Samsudin yang memimpin kelompok ini, awalnya mendapat pelatihan yang diberikan Pertamina bagi warga sekitar daerah operasi.

Setelah mendapatkan keahlian tersebut, Samsudin mengumpulkan wargasekitar sebanyak 13 orang untuk bersama-sama menjalankan peluang bisnis ini. Mereka mengumpulkan dana awal sekitar satu juta rupiah per orang. Usaha ini menunjukkan hasil, sehingga Pertamina yang konsen dalam upaya p e m b e r d a y a a n d a n pendampingan masyarakat memberikan bantuan kepada kelompok serumpun budidaya jamur tiram organik ini.

“Kami membangun usaha ini berawal dari dana sendiri, dengan mengumpulkan uang sebanyak1 juta rupiah setiap orang, namun tidak cukup juga kami mengumpulkan lagi,” ungkap Samsudin. Disebutkan Samsudin, mereka sangat terbantu dengan dukungan yang diberikan Pertamina. Baik dari sisi pendanaan hingga pelatihan yang diberikan kepada kelompoknya.

“Tentu saja, kami sangat berterima kasih kepada Pertamina yang selama ini, telah memberikan bantuannya dan dukungannya kepada kami,” tambahnya. Dengan adanya bantuan ini, Kelompok Serumpun telah mendapatkan penghasilan tambahan setiap harinya.

Pada gilirannya dapat mengubah kondisiperekonomian mereka yang selama ini hanya sebagai petani dan pekerja kasar.Produk jamur yang dibuat Kelompok Serumpun ini merupakan nugget jamur, agar-agar jamur dan jamur krespy yang telah dipasarkan di beberapa kota dengan merek dagang Serumpun Joss.

Merek dagang itu sudah dipatenkan ke Depkumham. Pertamina melalui program Corporate Social &Responsibility dan SMEPP terus memberikan dukungan kepada masyarakat yang memiliki semangat berkembang dan berupaya memperbaiki tingkat ekonomi maupun sosial di lingkungannya. Hal ini merupakan bagian dari upayanya untuk memajukan dan memandirikan masyarakat. (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id