Di Nagan, Menantu Camat Dapat Rumah Warga Miskin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Di Nagan, Menantu Camat Dapat Rumah Warga Miskin

Di Nagan, Menantu Camat Dapat Rumah Warga Miskin
Foto Di Nagan, Menantu Camat Dapat Rumah Warga Miskin

SUKA MAKMUE – Informasi yang menyebutkan seorang anak/menantu Camat Tripa Makmur, Nagan Raya ikut mendapatkan rumah bantuan warga miskin menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat. Camat Tripa Makmur, Nasruddin SPd membenarkan informasi itu dengan menyebutkan bantuan untuk menantunya sudah sesuai ketentuan.

Menurut informasi yang diterima Serambi, rumah untuk masyarakat miskin/kurang mampu sedang dibangun oleh Pemkab Nagan Raya. Di antara nama-nama penerima bantuan tercatat seorang di antaranya berprofesi sebagai tenaga bidan honorer, anak kandung Camat Tripa Makmur, warga Desa Mon Dua, Kecamatan Tripa Makmur.

Camat Tripa Makmur, Nasruddin SPd yang dikonfirmasi Serambi, Selasa (8/8) siang membenarkan salah satu penerima rumah bantuan sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu adalah menantunya. “Mereka dapat rumah bantuan karena mengajukan proposal dan memenuhi syarat yang telah ditentukan,” kata Nasruddin.

Ia menjelaskan, rumah bantuan berukuran 4,5 meter x 5 meter tersebut diperoleh setelah menantunya mengajukan proposal pada tahun 2014 dan 2015 dan lolos verifikasi di tingkat desa dan kecamatan karena menantunya termasuk kategori warga kurang mampu dan tidak memiliki pekerjaan dan harta lainnya. “Ketika diajukan ke Pemkab Nagan Raya, ternyata diterima karena memang memenuhi syarat,” kata Nasruddin.

Sewaktu pengajuan proposal untuk mendapatkan bantuan rumah tersebut, Nasruddin mengaku tidak tahu sama sekali. Nasruddin juga menantang apabila masyarakat dapat membuktikan bahwa suami anak kandungnya itu tidak layak mendapatkan rumah bantuan. “Kalau ada yang bisa buktikan menantu saya tidak layak dapat bantuan, saya akan berikan hadiah uang tunai Rp 100 juta,” kata Nasruddin.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Tata Kota Kabupaten Nagan Raya, Alboin Adarian yang dikonfirmasi Serambi mengatakan dirinya tidak tahu ada anak pejabat setingkat camat di Tripa Makmur yang ikut mendapatkan rumah bantuan untuk masyarakat kurang mampu. “Saya tidak tahu mekanismenya, karena kita di dinas hanya bertugas melaksanakan tender saja,” katanya.

Ia menjelaskan, semua penerima rumah bantuan telah melalui proses seleksi yang sangat ketat dengan tim yang dibentuk oleh pimpinan daerah. Ia mengaku sudah mendengar selentingan tentang adanya seorang anak pejabat yang ikut menerima bantuan rumah ini.

Alboin Adarian juga menjelaskan, total rumah bantuan yang dibangun oleh Pemkab Nagan Raya untuk masyarakat kurang mampu dalam tahun 2017 mencapai 245 unit, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 18 miliar atau biaya pembangunan satu unit rumah yakni Rp 85 juta. (edi) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id