Harus Jadi Pelajaran Bagi yang Lain | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Harus Jadi Pelajaran Bagi yang Lain

Harus Jadi Pelajaran Bagi yang Lain
Foto Harus Jadi Pelajaran Bagi yang Lain

KEPALA Kantor Regional (Kakanreg) XIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Banda Aceh, Makmur SH MHum, yang dimintai tanggapannya terkait pembatalan posisi sejumlah pejabat eselon II di Simeulue mengatakan, tindakan mantan Bupati Simeulue yang melantik pejabat tanpa izin Mendagri dan tak ada rekom dari KASN di akhir masa jabatannya merupakan keputusan yang salah.

Sebab, menurut Makmur, hal itu melanggar Pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota. “Kasus ini hendaknya menjadi pelajaran bagi kepala daerah yang lain. Semoga ke depan tak ada lagi bupati, wali kota, atau gubernur yang mengganti pejabat tanpa melalui aturan dan mekanisme yang ada,” ujar Makmur menjawab Serambi, via telepon selulernya, tadi malam.

Jika pelantikan seorang pejabat melanggar hukum, lanjut Makmur, maka semua kebijakan atau keputusan yang diambil pejabat tersebut otomatis juga cacat hukum. “Jadi, pejabat tersebut sangat pantas untuk dicabut dari jabatan yang ditempatinya secara inprosedural. Pencabutan itu bisa dilakukan oleh pembuat keputusan–dalam hal ini Bupati Simeulue yang baru–atau langsung oleh Mendagri selaku pemerintah atasan dari Bupati,” jelasnya.

Ditambahkan, Bupati baru juga harus mengembalikan jabatan itu kepada pejabat lama yang diberhentikan oleh bupati sebelumnya. “Tapi, semua keputusan yang diambil tetap saja harus melalui kajian yang benar-benar matang dan sesuai aturan, dan Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di daerah dapat berkonsultasi dengan Direktur Otsus pada Dirjen Otda Kemendagri, Komisi Aparatur Sipil Negara dan juga dengan Deputi Wasdal Kepegawaian BKN Pusat” demikian Makmur yang juga mantan Kepala Biro Hukum dan Humas Setda Aceh ini.(jal) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id