Lanal Amankan 25 Ton Bawang Merah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lanal Amankan 25 Ton Bawang Merah

Lanal Amankan 25 Ton Bawang Merah
Foto Lanal Amankan 25 Ton Bawang Merah

LHOKSUKON – Aparat Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe pada Selasa (8/8) sekitar pukul 02.00 WIB berhasil mengamankan 25 ton bawang merah ilegal dari sebuah kapal motor (KM) Bahtera 99 di Kuala Jambo Aye, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. Namun, ketika diperiksa, kapal tersebut dalam kondisi kosong.

Komandan Lanal Lhokseumawe Letnan Kolonel Laut (P) Muhammad Samsul Rizal dalam konferensi pers kepada wartawan kemarin menyebutkan, penemuan bawang ilegal itu berawal dari informasi yang diterima pihaknya dari intelijen, lalu petugas langsung mendatangi ke lokasi dengan menggunakan kapal cepat Bireuen Lanal Lhokseumawe untuk memastikannya.

Sesampai di lokasi, kata Danlanal, petugas menemukan kapal motor yang kandas di Kuala Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. Ketika diperiksa, petugas tidak menemukan awak kapal dan dokumen. Hanya berisi bawang merah yang diperkirakan mencapai 25 ton lebih. “Lalu kapal motor tersebut langsung ditarik dengan menggunakan kapal cepat tersebut ke Pelabuhan Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara, Aceh Utara untuk proses selanjutnya,” ujar Muhammad Samsul Rizal.

Menurut Danlanal, kapal tersebut diduga melakukan tindak pidana ilegal kepabeanan impor bawang merah. Karena itu petugas akan menindaklanjuti temuan tersebut dengan memeriksanya guna memproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku. “Kapal motor itu kita sandarkan Posal Krueng Geukueh,” ujar Danlanal Lhokseumawe.

Informasi lain yang diperoleh Serambi, penyelundupan bawang melalui perairan Seunuddon sudah sering terjadi selama ini. Bawang yang diselundupkan berasal dari Malaysia. Diduga pihak yang menyelundupkan barang tersebut adalah pihak yang memiliki jaringan dengan pihak keamanan. (jaf) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id